Polisi Sebut Bandar Narkoba di Kampung Bahari Punya Kode Khusus

Rabu, 09 Maret 2022 - 12:34 WIB
loading...
Polisi Sebut Bandar Narkoba di Kampung Bahari Punya Kode Khusus
Petugas gabungan yang terdiri dari Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Utara, dan TNI melakukan penggerebekan di Kampung Bahari Tanjung Priok, Rabu (9/3/2022) pagi. Foto: MPI/Yohannes Tobing
A A A
JAKARTA - Petugas gabungan yang terdiri dari Polda Metro Jaya , Polres Metro Jakarta Utara , dan TNI melakukan penggerebekan di Kampung Bahari , Tanjung Priok, Rabu (9/3/2022) pagi. Dari penggerebekan itu petugas mengamankan puluhan orang terduga pelaku dan sejumlah barang bukti senjata tajam dan narkoba.

Dalam penggerebekan terdapat 700 personel yang dikerahkan untuk mencari para bandar narkoba dan juga barang bukti. Saat dilakukan penyisiran, para pelaku sempat menembakkan petasan kepada petugas.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Hendra Zulpan mengatakan, para pelaku sengaja menyalakan petasan sebagai kode khusus sekaligus menyerang dan menghindar apabila para petugas datang.

"Jadi petasan dinyalakan apabila ada gangguan dari petugas khususnya. Lalu mereka akan tiarap di situ. Terkait dengan kembang api, tentunya ini hanya sebagai kode saja," kata Zulpan di lokasi.

"Tentunya kita bisa juga menggeneralisasi kembang api di Jakarta itu untuk narkotika. Tapi di sini khususnya kembang api di sini ada untuk kode," kata Zulpan.



Dalam penggerebekan yang dilakukan hari ini, kata dia, terdapat sejumlah pelaku yang berupaya melarikan diri dari kejaran petugas. Namun upaya melarikan diri dengan melompat atap rumah gagal.

"Ada juga yang berupaya meloncat dari kontrakan atau kos-kosan tiga lantai tapi berhasil kita amankan. Itu cara cara mereka untuk menghindari tindakan kepolisian dalam memberantas narkotika," kata Zulpan.

Dari penyisiran yang dilakukan, petugas mengamankan puluhan orang yang diduga terlibat dalam peredaran narkoba, termasuk juga mendapati sejumlah barang bukti narkoba maupun senjata tajam.

"Hasilnya kita temukan 28 tersangka. 16 di antaranya laki-laki. 12 sisanya adalah wanita. Kemudian barang bukti narkotika yang di amankan ini ada 350 gram sabu. 1.500 ekstasi. Dan juga jenis narkotika lainnya," kata Zulpan.

Bahkan, kata dia, pihaknya menemukan sejumlah barang bukti berupa senjata tajam. "Banyak juga senjata tajam di sini yang mereka miliki, milik para penjual dan bandar ini. Mereka melengkapi diri adanya CCTV," sambungnya.

Puluhan tersangka dan barang bukti dari penggerebekan yang berhasil diamankan langsung dibawa ke Mapolres Jakarta Utara.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1675 seconds (0.1#10.140)