Anggota DPRD DKI Diduga Salah Gunakan Anggaran Reses

Selasa, 08 Maret 2022 - 16:55 WIB
loading...
Anggota DPRD DKI Diduga Salah Gunakan Anggaran Reses
Anggota DPRD DKI Jakarta Khotibi Achyar diduga melanggar aturan. Selain mengumpulkan massa di salah satu sekolah di Kalideres, Jakarta Barat, dia juga diduga melakukan dua kegiatan dalam satu waktu. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Golkar Khotibi Achyar diduga melanggar aturan. Selain mengumpulkan massa di salah satu sekolah di Kalideres, Jakarta Barat, dia juga diduga melakukan dua kegiatan dalam satu waktu.

Itu terungkap usai video mengenai aktivitas Haji Beceng, sapaan akrab Khotibi Achyar tersebar di media sosial. Dalam video itu, dia berjoget menikmati kegiatan Sosperda di halaman SMK Kebudayaan, Kalideres, Jakarta Barat, Kamis (3/3/2021).
Baca juga: Ketua DPRD DKI: Kenaikan Gaji dan Tunjangan Anggota DPRD DKI Hoaks

Dalam video itu memperlihatkan bagaimana Haji Beceng mengganti spanduk dan pakaian yang digunakan dalam satu waktu. Dia bahkan tidak malu mengganti di depan warga.

Nm (43), warga yang mengikuti sosialisasi menuturkan peristiwa itu juga tidak menerapkan protokol kesehatan seperti mengecek suhu dan menerapkan antigen bagi yang masuk. "Lalu, di tengah acara dia berganti spanduk dan pakaian serta timnya memfoto untuk publikasi," ujar Nm.

Ibu dua anak ini menambahkan selama proses acara Haji Beceng jarang sekali menyosialisasikan Perda yang semestinya dilakukan anggota DPRD. Bahkan, dia lebih banyak berjoget dan bernyanyi. "Setelah itu saya dikasih uang Rp50 ribu untuk transport," ucapnya.

Dalam Sosperda dan Reses itu, Haji Beceng tidak juga mengundang unsur pemerintahan seperti Lurah atau Camat.
Baca juga: Pansus DPRD DKI Geram Lihat Proyek KBN

Ketua Badan Kehormatan Dewan (BKD) DPRD DKI Jakarta Achmad Nawawi menjelaskan sebenarnya Sosperda dan Reses dilakukan secara terpisah dan tidak dilakukan dalam satu waktu bersamaan. Terlebih, Khotibi Achyar pernah melakukan hal serupa dan menandatangani tidak mengulang di hadapan BPK Jakarta.

Atas kejadian itu, dia telah mendapatkan laporan dari Haji Beceng. Dia berjanji akan mengganti kegiatan tersebut. "Kalau saya rasa silakan laporkan ke kami," ucapnya.

Menyikapi itu, Khotibi Achyar menegaskan dirinya telah membatalkan kegiatan reses itu dan tidak melaporkan kegiatan tersebut ke Sekwan. “Dan saya tidak pakai anggaran yang dari Sekwan. Pakai anggaran pribadi. Saya akan ganti kegiatan reses di tempat lain yang masih di dapil 9 Cengkareng, Kalideres, dan Tambora,” ujarnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1240 seconds (0.1#10.140)