Tiga Bulan Dipilih, Sejumlah Ketua RT di Kembangan Tak Kunjung Dilantik

Jum'at, 25 Februari 2022 - 21:45 WIB
loading...
Tiga Bulan Dipilih, Sejumlah Ketua RT di Kembangan Tak Kunjung Dilantik
Hampir tiga bulan sejumlah Ketua RT di Kelurahan Meruya Selatan, Jakarta Barat tidak kunjung dilantik. Kondisi ini membuat masyarakat protes. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Hampir tiga bulan lamanya sejumlah Ketua RT di Kelurahan Meruya Selatan, Jakarta Barat tidak kunjung dilantik. Kondisi ini membuat masyarakat protes.

Berbagai spanduk kemudian bersebaran di Perumahan Taman Villa Meruya (TVM) Meruya Selatan. Lewat spanduk, mereka mempertanyakan kekecewaan kepada Lurah Meruya Selatan Ghufri.
Baca juga: 90 RT di Jakarta Barat Berstatus Zona Merah Covid-19, Tambora Tertinggi

Sekretaris RW10 Perumahan Taman Villa Meruya (TVM) Ridwan mengatakan, pemilihan ketua RT sudah dijalankan oleh pihaknya sejak November 2021. Di wilayahnya ada empat RT yang belum dilantik. “Mereka adalah RT 01, RT 03, RT 04, dan RT 05 RW 10," ujarnya, Jumat (25/2/2022).

Dengan para ketua RT habis masa jabatannya, Ridwan menyebutkan banyak administrasi di tingkat RT tak terurus. Kesulitan mengurus dokumen mulai dikeluhkan warga.

Sebab, ketua RT yang belum dilantik serta ketua RT lama enggan menandatangani dokumen lantaran dianggap tak sesuai dengan Pergub Nomor 171 Tahun 2016.

"Jangan sampai tertunda lagi nanti makin banyak spanduk-spanduk. Banyak pelayanan by pass ke kelurahan bikin repot warga. Kalau ada apa-apa dari kelurahan tidak ada RT kan susah juga," ujar Ridwan.
Baca juga: Dukcapil Jakarta Barat Hentikan Pelayanan Tatap Muka, Ada Apa?

Mantan Ketua RT 01/10 Andi yang rumahnya dipasangi salah satu spanduk mengaku tidak tahu alasan kenapa belum adanya pelantikan RT setempat. Spanduk itu dipasang sebagai penghormatan dirinya terhadap warga.

Menanggapi itu, Lurah Meruya Selatan Ghufri menjelaskan, alasan belum melantik sejumlah ketua RT karena menghindari hal-hal tidak diinginkan saat pelantikan. Sebab, usai pemilihan RT dua kubu yang berlawanan masih bersitegang.

"Sebenarnya itu yang kami selesaikan dulu dan sudah dapat kesepakatan bahwa 7 Maret nanti kami lantik," katanya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2020 seconds (0.1#10.140)