Banjir Pondok Gede Permai Akibat Tanggul Kali Bekasi Jebol

Kamis, 17 Februari 2022 - 14:38 WIB
loading...
Banjir Pondok Gede Permai Akibat Tanggul Kali Bekasi Jebol
Banjir yang merendam Pondok Gede Permai (PGP) menjadi titik banjir tertinggi di wilayah Kota Bekasi, Kamis (17/2/2022). Foto: MPI/Muhammad Farhan
A A A
BEKASI - Banjir yang merendam Pondok Gede Permai (PGP) menjadi titik banjir tertinggi di wilayah Kota Bekasi. Meski berangsur surut, tinggi banjir PGP mencapai hampir 2 meter ketika menerjang permukiman warga.

Ketua Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi Enung Nurcholis mengatakan, banjir ini karena kiriman air dari Kali Cileungsi dan Cikeas sehingga tanggul Kali Bekasi yang bersebelahan dengan PGP menjadi jebol.
Baca juga: Sempat Rendam 2 Meter, Banjir Pondok Gede Permai Sisakan 40 Cm

"Kiriman ini. Kalau memang tanggul tidak jebol, tidak akan seperti ini. Ini tanggul Kali Bekasi sampai jebol," ujarnya, Kamis (17/2/2022).

Ketinggian air saat waktu malam di sungai daerah Bogor mencapai 735 cm. Padahal, normalnya 600 cm. BPBD menyatakan siaga 3 dan segera menginformasikan kepada warga Bekasi. "Masyarakat diimbau kurang lebih tiga jam ke depan bahwa air di Kali Bekasi akan meluap," kata Enung.

Menurut dia, titik banjir PGP menjadi wilayah banjir terparah ketinggiannya. Ketinggian banjir rata-rata berada di 50 cm.
Baca juga: Perumahan Pondok Gede Permai Bekasi Terendam Banjir, Akses Jalan Terputus

Per pukul 14.00 WIB, Kamis (17/2/2022) ketinggian banjir di PGP mulai surut sampai 30 cm yaitu sekitar betis orang dewasa. Tidak ada warga PGP yang dievakuasi. "Mereka mengungsi ke rumah keluarga, ada yang bertahan," ucapnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1345 seconds (0.1#10.140)