Bingung Cibubur Masuk Wilayah Mana? Ini Penjelasannya

Sabtu, 12 Februari 2022 - 20:01 WIB
loading...
Bingung Cibubur Masuk Wilayah Mana? Ini Penjelasannya
Kota Wisata Cibubur merupakan salah satu kawasan perumahan elite di Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur. Foto: Rumah.com
A A A
JAKARTA - Orang kadang dibuat bingung, Cibubur itu masuk wilayah mana? Jakarta Timur, Depok, Bogor, atau Bekasi. Pengen tahu kan, berikut penjelasannya.

Cibubur merupakan salah satu kelurahan yang berada di Jakarta Timur . Lokasinya berada di ujung atau lebih tepatnya bagian dari Kecamatan Ciracas.
Baca juga: Asal Usul Cibubur Jaktim Berasal dari Sungai Keruh dan Berlumpur Mirip Bubur

Meskipun disebut kelurahan, Cibubur dikenal sebagai wilayah yang banyak dibangun perumahan elite, pertokoan, pusat perbelanjaan, dan tempat wisata. Sebut saja Cibubur Junction, Taman Bunga Wiladatika, dan Trans Studio Mall merupakan sejumlah destinasi yang bisa dikunjungi di Cibubur.

Asal muasal Cibubur menjadi wilayah atau kawasan bergengsi karena pembangunan perumahan Kota Wisata Cibubur oleh pengembang Sinar Mas. Kemudian, dibangun pula Kota Legenda Cibubur. Kedua perumahan itu menjadi ikon perumahan mewah di Cibubur yang kemudian akhirnya dibangun perumahan-perumahan lainnya.

Tempatnya yang asri dan sejuk membuat Cibubur menjadi daerah hunian favorit. Ditambah lagi, tempat tinggal mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di Cikeas juga termasuk ke dalam wilayah Cibubur.

Cibubur berada di persimpangan empat wilayah sekaligus yakni Jakarta Timur, Bogor, Bekasi, dan Depok. Hal inilah yang kerap menjadi perdebatan soal di manakah wilayah Cibubur sebenarnya.
Baca juga: 5 Perumahan Elite di Cibubur, Nomor 3 Dihuni Kaka Slank

Sekadar diketahui, Cibubur memiliki sebuah jalan raya bernama Jalan Alternatif Cibubur atau Jalan Transyogie. Jalan raya sepanjang 10 km ini membentang melewati wilayah Depok, Bogor, dan Bekasi. Di jalan itu pula banyak kegiatan bisnis dan pembangunan kawasan perumahan yang menggunakan embel-embel Cibubur.

Nah, Cibubur yang dimaksud bukanlah kelurahannya melainkan permukiman yang berlokasi di sekitar Jalan Alternatif Cibubur. Inilah yang mungkin orang-orang bingung, Cibubur itu masuk wilayah mana?

Jadi, jika seseorang bertanya di mana Cibubur berada, itu bisa berarti dua hal yaitu Kelurahan Cibubur atau kawasan di Jalan Alternatif Cibubur.
(jon)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1910 seconds (11.252#12.26)