Begini Penampakan Buaya Muara Berbobot 80 Kilogram di Depok

Rabu, 26 Januari 2022 - 08:35 WIB
loading...
Begini Penampakan Buaya Muara Berbobot 80 Kilogram di Depok
Petugas Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok mengevakuasi buaya muara berbobot 80 kilogram. Foto/SINDOnews/R Ratna Purnama
A A A
Warga Kota Depok dihebohkan dengan keberadaan buaya muara berbobot 80 kilogram dirumah warga RT 5 RW 11, Kelurahan Mekarsari, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok. Saat ini, buaya sepanjang 4 meter telah dievakuasi petugas.

Kabid Pengendalian dan Operasional DPKP Kota Depok Welman Naipospos mengatakan, Buaya Muara itu sudah dievakuasi dari rumah warga.”Warga khawatir dan ketakutan dengan keberadaan buaya itu,” katanya.

Evakuasi buaya itu bermula dari adanya laporan warga bernama Heru (33) yang meminta agar buaya sepanjang empat meter itu dievakuasi. Pasalnya dikhawatirkan buaya itu dapat melukai penghuni rumah karena sudah berukuran besar.

”Jenisnya buaya Muara. Satu ekor panjang sekitar 4 meter,” ungkapnya.

Untuk mengevakuasi buaya itu, pihaknya mengerahkan delapan petugas dan sejumlah alat. Antara lain satu unit mobil Damkar, motor KLX, sarung tangan, tongkat besi dan carabiner. Buaya itu dipelihara pemilik rumah sejak kecil.

Kasie Penanggulangan Kebakaran DPKP Kota Depok Tessy Haryati menambahkan, untuk mengevakuasi buaya diperlukan obat bius. Pembiusan dilakukan dengan cara menembakkan sebanyak dua kali. Setelah buaya lemah baru kemudian diangkat dari kolamnya.

Diperlukan waktu sekitar satu jam sampai buaya berhasil dievakuasi. “Sekitar satu jam waktu yang diperlukan. Buaya 80 kilogram sudah diangkat dari kolamnya. Kita tadi dua kali tembakan peluru bius. Satu dibagian perut dan lidah,” katanya.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1587 seconds (0.1#10.140)