Mayoritas Pasien Covid-19 di Jakarta Pelaku Perjalanan Luar Negeri

Kamis, 06 Januari 2022 - 02:40 WIB
loading...
Mayoritas Pasien Covid-19 di Jakarta Pelaku Perjalanan Luar Negeri
Kasus Covid-19 di DKI Jakarta didominasi dari para pelaku perjalanan luar negeri. Foto/Dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kasus Covid-19 di DKI Jakarta didominasi dari para pelaku perjalanan luar negeri. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, kondisi pandemi Covid-19 di Jakarta saat ini perlu diwaspadai karena terjadi peningkatan jumlah kasus yang cukup signifikan dalam beberapa waktu terakhir.

"Namun, perlu digarisbawahi, dari peningkatan tersebut, 74% kasus aktif dan 81% kasus positif baru harian di Jakarta adalah pelaku perjalanan luar negeri," ujar Widyastuti di Jakarta, Rabu (5/1/2022).

Dia mengatakan, kasus Covid-19 varian Omicron juga meningkat di Jakarta. “Yakni dari 251 orang yang terinfeksi, 95 persennya atau 239 orang adalah pelaku perjalanan luar negeri, sedangkan 12 lainnya adalah transmisi lokal,” tuturnya.





Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta per 5 Januari 2022, tercatat kasus aktif 955 orang. Dari jumlah itu, 706 orang di antaranya adalah pelaku perjalanan luar negeri.

Lalu, kasus positif baru bertambah 259 orang, 211 orang di antaranya adalah pelaku perjalanan luar negeri. Para pelaku perjalanan luar negeri yang terkonfirmasi positif tersebut saat ini dirawat di RSDC Wisma Atlet, RSPI Sulianti Saroso dan beberapa rumah sakit.



“Kepada masyarakat diimbau agar mengikuti peraturan yang berlaku selama masa pandemi Covid-19 yang masih berlangsung. Selalu menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas,” imbuhnya.

Sementara itu, Pemprov DKI Jakarta masih melakukan tes, lacak, dan isolasi secara masif dalam pengendalian pandemi ini. "Dalam sepekan terakhir, ada 80.492 orang dites PCR yang mana jumlah tes tersebut adalah 8 kali standar minimal tes yang ditetapkan WHO," pungkasnya.
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1500 seconds (0.1#10.140)