4 Kisah Misteri Gunung Putri Bogor, Nomor 3 Makam Nenek Prabu Siliwangi

Selasa, 21 Desember 2021 - 22:08 WIB
loading...
4 Kisah Misteri Gunung Putri Bogor, Nomor 3 Makam Nenek Prabu Siliwangi
Gunung Putri Bogor menyimpan misteri, salah satunya makam Nyi Kentring dan Gua Angker. Foto: Ist
A A A
JAKARTA - Kisah misteri Gunung Putri Bogor mempunyai cerita tersendiri di masyarakat. Sebagian masyarakat ada yang mempercayainya, bahkan jika diceritakan membuat bulu kuduk merinding.

Cerita misteri Gunung Putri Bogor ini dikisahkan turun-temurun. Dikutip dari berbagai sumber, Selasa (21/12/2021), berikut 4 kisah misteri Gunung Putri Bogor:
Baca juga: 4 Kisah Misteri Kali Ciliwung, dari Buaya Buntung hingga Hantu Noni Belanda

1. Asal Usul
Kisah terbentuknya Gunung Putri konon diawali dengan adanya kerajaan yang memiliki seorang putri cantik dan baik hati. Karena paras dan sifatnya, banyak pangeran yang tertarik untuk mempersuntingnya. Namun, sang putri menolak tawaran itu lalu justru meminta pangeran-pangeran tersebut menjadi kakaknya. Hanya ada satu pangeran yang dendam karena ditolak oleh sang putri dan merencanakan balas dendam.
Dia membawa seorang penyihir dan memintanya mengutuk kematian putri dan raja. Keinginan sang pangeran dipenuhi. Saat dia beranjak pulang, pohon-pohon besar tumbuh secara misterus dan menutupi jalan membuat sang pangeran dan ajudannya tewas di antara rerimbunan pohon. Hal inilah yang membuat gunung ini dinamai Gunung Putri.

2. Tanah Subur
Mitos mengenai asal usul Gunung Putri merupakan hal yang dipercayai masyarakat sebagai alasan mengapa tanah di gunung ini sangat subur. Konon, semasa hidupnya sang putri merupakan orang yang sangat dermawan dan sering membantu rakyatnya yang mengalami kesusahan. Masyarakat meyakini bahwa roh sang putri masih berada di gunung dan membantu menjaga kesuburan tanah di gunung ini.

3. Makam Nyi Kentring
Masyarakat setempat juga meyakini Gunung Putri merupakan salah satu tempat yang biasa digunakan oleh Raja Pakuan Pajajaran untuk bertapa. Selain itu, gunung ini juga diyakini sebagai tempat peristirahatan terakhir Nyi Kentring, nenek Prabu Siliwangi.
Melansir berbagai sumber, makam Nyi Kentring kerap dikunjungi ribuan orang dari berbagai daerah pada zaman dulu. Tidak hanya makam Nyi Kentring yang terdapat di daerah itu, ada juga makam Mbah Jago, pengawalnya.
Baca juga: Mencari Kekayaan Cara Pintas, Menikah dengan Jin di Gunung Salak

4. Gua Angker
Salah satu daerah di sekitar Gunung Putri yang dianggap angker adalah keberadaan gua di dekat Desa Mukapayung, Cililin, Kabupaten Bogor. Kesaksian warga setempat mengatakan bahwa dari dalam gua sering terdengar suara orang merintih dan minta tolong. Beberapa penampakan makhluk halus juga sering terlihat di sekitar gua. Konon gua ini pernah menjadi tempat persembunyian seseorang dari kejaran Belanda. Namun, orang ini tidak dapat kembali ke tempat asalnya karena telanjur meninggal akibat kelaparan.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1884 seconds (0.1#10.140)