Tangsel Bersiap New Normal, Hari Ini Satu Mal Mulai Dibuka

Senin, 08 Juni 2020 - 12:48 WIB
loading...
Tangsel Bersiap New Normal, Hari Ini Satu Mal Mulai Dibuka
Wali Kota Airin saat memantau posko gabungan Covid-19 di Stasiun Rawa Buntu. Foto: SINDOnews/Hasan Kurniawan
A A A
TANGERANG SELATAN - Gugus Tugas Covid-19 Kota Tangerang Selatan (Tangsel) tengah menyiapkan transisi new normal atau kenormalan baru pascaPembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Sejumlah kegiatan yang sebelumnya dibatasi dan dilarang, kini berangsur-angsur dipulihkan.

Seperti rumah ibadah, kini sudah bisa digunakan untuk salat berjamaah. Ketua Gugus Tugas Covid-19 Kota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan, pihaknya telah mulai melakukan percepatan masa transisi new normal setelah penetapan PSBB. (Baca juga: Pengunjung Mal Dibatasi Saat New Normal, Karyawan Bakal Dikurangi)

"Contoh aktivitas ibadah di rumah ibadah. Kedua misalnya restoran, kemarin take away sekarang sudah bisa makan di tempat. Terus mal juga sudah mulai ada yang meminta izin kepada kita," kata Airin, di BSD, Senin (8/6/2020).

Kendati demikian, Wali Kota Tangsel ini pun meminta kepada pihak yang sudah diberikan kelonggaran untuk tetap melaksanakan protokol Covid-19, guna mencegah penularan virus Corona yang masih terjadi di Kota Tangsel.

"Tetapi khusus untuk mal ini, mereka harus mengirimkan permohonan kepada Disperindag dan DPMPTSP, seperti halnya Teras Kota. Kita lihat kesiapannya," jelasnya. (Baca juga: Pandemi Corona, New Normal Tak Bisa Dimaknai sebagai Kebebasan)

Istri Tubagus Chaeri Wardana (Wawan) ini pun mengaku sudah ada beberapa mal yang mengajukan permohonan membuka kembali usahanya, dan sedang dilakukan pengecekan oleh tim terkait dengan kesiapannya itu.

"Yang sudah mengajukan Teras Kota, Bintaro, Pamulang Square, WTC. Itu mereka sudah mengajukan, tetapi harus kita cek. Terus tim juga harus turun ke lapangan, yang baru simulasi (buka) itu Teras Kota," ucapnya.

Dengan mulai dibukanya Mal Teras Kota hari ini, maka Kota Tangsel pun siap mengikuti aturan New Normal. Namun Airin mewanti-wanti tentang pengetatan protokol kesehatan Covid-19 yang harus tetap dijaga. (Baca juga: Baru Satu Mal di Bogor Siap Beroperasi saat PSBB Transisi)

"Ya, hari ini baru satu mal yang buka, karena kalau yang lainnya harus ada tahapan. Jadi dilihat dulu. Terus kesiapan mereka seperti apa dan lain-lain, baru boleh buka," pungkasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1701 seconds (0.1#10.140)