6 Gejala Penyakit Menular Seksual Jika Sering Berhubungan dengan PSK

Senin, 06 Desember 2021 - 16:40 WIB
loading...
6 Gejala Penyakit Menular Seksual Jika Sering Berhubungan dengan PSK
Gejala penyakit menular seksual (PMS) bisa muncul tanpa disadari atau tak terdeteksi kasat mata jika sering berhubungan dengan PSK. Foto: Ilustrasi/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Gejala penyakit menular seksual (PMS) bisa muncul tanpa disadari atau tak terdeteksi kasat mata jika sering berhubungan dengan pekerja seks komersil (PSK) . Apalagi era sekarang ini cukup membooking PSK secara online disertai kemudahan transaksinya sehingga bahaya PMS terus mengintai.

Saking ketagihan menggunakan jasa PSK, orang yang terkena penyakit seksual terkadang sering salah kira dengan penyakit flu karena gejala yang ditimbulkan berupa sakit tenggorokan, demam, dan nyeri sendi. Tidak hanya pria hidung belang, gejala penyakit seksual ini juga rawan menimpa PSK. Berikut 6 gejala penyakit menular seksual dikutip dari halodoc.com, Senin (6/12/2021).
Baca juga: Blak-blakan Rian Merajut Cinta Satu Malam dengan PSK Online Apartemen

1. Alat Kelamin Mengeluarkan Cairan
Salah satu tanda penyakit seksual adalah keluarnya cairan yang tidak normal dari alat kelamin. Biasanya gejala ini lebih sering terjadi pada pria yaitu penis mengeluarkan zat atau cairan asing yang tidak normal. Jenis penyakit seksual yang biasanya menimbulkan gejala tersebut adalah klamidia, gonore, dan trichomoniasis. Ketiga jenis infeksi tersebut sebenarnya bisa ditangani dengan mengonsumsi antibiotik, namun tetap disarankan pergi ke dokter bila gejala tidak kunjung membaik.

2. Nyeri Saat Buang Air Kecil
Tanda lainnya dari penyakit seksual adalah rasa sakit atau panas terbakar saat buang air kecil. Namun, infeksi saluran kencing (ISK) dan batu ginjal juga bisa menimbulkan gejala yang sama. Pada pengidap pria, rasa sakit saat buang air kecil juga disertai keluarnya nanah kental berwarna kuning hijau dari mulut saluran kencing. Bila kondisi ini terjadi, maka ada tiga jenis penyakit seksual yang dicurigai menjadi penyebabnya, yaitu klamidia, gonore, dan trichomoniasis.

3. Alat Kelamin Terasa Gatal
Pada wanita, penyakit seksual bisa menyebabkan alat kelaminnya terasa gatal atau panas. Namun, gejala ini juga bisa disebabkan karena masalah kesehatan lainnya seperti iritasi atau infeksi jamur. Bacterial vaginosis juga bisa menyebabkan organ vital gatal.

4. Keputihan yang Tidak Normal
Gejala yang satu ini juga bisa disebabkan oleh beberapa masalah kesehatan, salah satunya penyakit menular seksual. Keputihan yang normal biasanya tidak berbau dan tidak berwarna. Namun, bila alat kelamin wanita mengeluarkan keputihan dalam jumlah yang banyak, berbau amis dan berwarna putih kehijauan, bisa jadi itu disebabkan oleh trichomoniasis. Sedangkan keputihan akibat gonore umumnya berwarna kuning dengan bercak darah.
Baca juga: Olla PSK Online Pilih Kencan di Hotel, Ini Alasannya

5. Nyeri Saat Berhubungan Seks
Rasa sakit saat berhubungan intim biasanya dialami oleh wanita yang baru pertama kali berhubungan intim. Namun, bila rasa nyeri tersebut bertambah buruk atau timbul setelah berganti pasangan seksual, maka itu bisa jadi pertanda adanya penyakit menular seksual. Sedangkan pada pria, penyakit menular seksual bisa menyebabkan rasa sakit saat ejakulasi.

6. Kutil atau Memar
Hati-hati bila timbul benjolan aneh atau memar di sekitar mulut atau area kelamin, karena itu bisa menjadi gejala awal dari penyakit menular seksual seperti herpes genital, HPV, Sipilis, dan Molloscum contagiosum. Meskipun kutil atau benjolan sudah hilang, anda tetap disarankan memeriksakan diri ke dokter karena berpotensi memiliki virus di dalam darah dan dapat menularkan infeksi.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1913 seconds (0.1#10.140)