Reuni 212, Polda Metro Klaim Tak Ada Massa Menuju Patung Kuda

Kamis, 02 Desember 2021 - 11:19 WIB
loading...
Reuni 212, Polda Metro Klaim Tak Ada Massa Menuju Patung Kuda
Reuni 212, Polda Metro Klaim Tak Ada Massa Menuju Patung Kuda
A A A
JAKARTA - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan menyebutkan, tidak ada massa aksi damai Reuni 212 yang mengarah ke kawasan Patung Kuda , Jakarta Pusat. Dia mengatakan, pihaknya telah melakukan penutupan di kawasan tersebut.

"Tidak ada, tidak ada ya sampai hari ini. Tidak ada massa yang mengarah ke Patung Kuda. Tidak ada massa. Kita sudah melakukan penutupan di area itu, karena sudah disampaikan kemarin Polda Metro Jaya tidak mengeluarkan izin," pungkasnya di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (2/12/2021).

Dia mengatakan, massa yang berjumpul di sejumlah titik Jakarta hari ini bukan rombongan dari Reuni 212. Alasannya, kata dia, mereka tidak bawa atribut aksi.

"Hanya terlihat tidak bisa disimpulkan itu massa 212 kan tidak bawa atribut tidak ada kelompoknya, tidak ada pimpinannya. Jadi tidak ada massa yang dikatakan 212 mengarah ke sini enggak ada. Masih landai saja," sambungnya.

Zulpan berharap, massa aksi damai Reuni 212 tidak memaksa masuk kawasan Patung Kuda. Terlebih, Polda Metro Jaya tidak mengeluarkan izin terkait reuni yang berlangsung di wilayah hukum Polda Metro Jaya. Dia mengatakan, jika ada massa yang ingin memaksa akan melakukan kegiatan akan dikenakan sanksi.



"Kita tidak berharap ke arah sana ya tapi saya sampaikan kemarin kegiatan ini harus miliki izin. Kemudian apabila ada kelompok tertentu yang tetap maksa ingin melakukan kegiatan itu tentunya akan ada sanksi pidana. Udah dikategorikan pelanggaran hukum. Kita kenakan di Pasal 212 sampai 218 KUHP," kata Zulpan.

Zulpan pun mengimbau kepada masyarakat agar tetap beraktivitas seperti biasa. Pihaknya akan memberikan pelayanan khususnya di bidang lalu lintas.

"Kami mohon maaf kalau ada pengalihan di seputaranPatung Kuda. Itu saja kalau yang lain normal," katanya.

Diberitakan sebelumnya, massa aksi damaiReuni 212mulai berdatangan sejak Kamis (2/12/2021) pukul 06.30 WIB. Namun, massa tidak dapat memasuki kawasanPatung Kuda, Jakarta Pusat karena dihalau kawat berduri dan aparat gabungan.

PantauanMNC Portal Indonesiadi titik penyekatan Jalan Merdeka Selatan telah tersusun blokade terdiri dariwater barrierdan kawat berduri. Selain itu, petugas gabungan juga bersiaga di lokasi penyekatan. Di balik penyekatan terlihat massa aksi menggunakan baju koko dan peci terdiam menyaksikan halauan kawat berduri. Salah satu kelompok massa aksi terlihat membawa bendera tauhid.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1968 seconds (0.1#10.140)