Begini Penjelasan Polisi Soal Pidana Peserta Aksi 212 yang Ngeyel

Rabu, 01 Desember 2021 - 14:05 WIB
loading...
Begini Penjelasan Polisi Soal Pidana Peserta Aksi 212 yang Ngeyel
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan. Foto: Dok/MNC Portal Indonesia
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya memberikan penjelasan perihal teknis penerapan tindak pidana bagi masyarakat yang tetap melakukan aksi reuni 212 di wilayah hukumnya. Polisi akan terlebih dahulu memberikan imbauan sebelum menerapkan pidana.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, penindakan tegas dengan menerapkan tindakan pidana akan diberikan pada masyarakat yang datang secara pribadi maupun kelompok. Baca juga: Aksi Reuni 212, Jalan Kawasan Istana Merdeka Ditutup Jam 12 Malam

"(Teknisnya) itu kan pasal yang bisa dipersangkakan tentunya itu bisa menjerat siapa saja. Kepada masyarakat yang memaksakan termasuk penanggung jawab, katakanlah berkelompok datangnya," kata Zulpan di Polda Metro Jaya, Rabu (1/12/2021).

Meski demikian, kata dia, pihaknya akan terlebih dahulu melakukan imbauan pada masyarakat yang datang baik secara pribadi maupun kelompok. Dalam imbauan tersebut setiap masyarakat dilarang melakukan aktivitas aksi.



Jika masyarakat yang datang secara mandiri maupun kelompok tetap melakukan aksi pihak kepolisian baru akan melakukan tindakan tegas. Masyarakat yang tetap melakukan aksi akan dijerat Pasal 212 KUHP, 216 KUHP, Pasal 218 KUHP, dan UU Karantina Kesehatan.

"Kalau dia datang perorangan tentu kita imbau tidak melakukan aktivitas. Tetapi kalau dia berkelompok tentu pimpinan kelompoknya nanti yang akan diberikan pencerahan dulu. Tapi kalau tetap memaksakan yaitu langkah terakhir adalah penegakan hukum," tegasnya. Baca juga: Digelar di Patung Kuda, Panitia Reuni 212: Tokoh Mengalir Tidak Mengundang Khusus
(mhd)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1776 seconds (10.55#12.26)