Filosofi Roti Buaya, Lambangkan Sifat Hewan yang Hanya Kawin Sekali Sepanjang Hidup

Sabtu, 27 November 2021 - 12:32 WIB
loading...
Filosofi Roti Buaya, Lambangkan Sifat Hewan yang Hanya Kawin Sekali Sepanjang Hidup
Roti buaya biasanya hadir di acara adat khas Betawi seperti upacara pernikahan. Foto/Istimewa/pesanrotibuaya.com
A A A
JAKARTA - Roti buaya, kudapan ini pasti sudah tak asing di telinga masyarakat Jakarta , terutama orang asli Betawi. Roti buaya biasanya hadir di acara adat Betawi seperti upacara pernikahan.

Dilansir dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, roti buaya adalah lambang kesabaran. Umumnya, buaya sangat jeli dan sabar menunggu buruannya. Kemudian, beberapa orang juga beranggapan jika buaya adalah lambang kejantanan.

Seorang peneliti sejarah Betawi, JJ Rizal, sebagaimana yang tertera dalam laman Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta mengatakan, makna yang tertuang dalam roti buaya adalah orang Betawi baiknya tidak melupakan sejarah Jakarta.

Dahulu kala, Jakarta dikelilingi oleh 13 sungai atau kali dan menjadikan masyarakatnya sebagai masyarakat sungai. Beberapa sungai atau kali yang mengelilingi Jakarta adalah kali Lebak Bulus, Kali Cideng dan kali Gunung Sahari.

Sementara itu, melansir informasi yang dipublikasikan oleh Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Pusat melalui laman resminya, di kali Gunung Sahari, sering terlihat sepasang buaya putih bernama Ki Srintil dan Ni Srintil.

JJ Rizal menuturkan, sifat buaya yang hanya kawin sekali di sepanjang hidupnya, kemudian menjadi inspirasi lain dari lahirnya roti buaya. Hal itu diharapkan bisa menjadi contoh bagi pasangan yang melangsungkan pernikahan.

Dia melanjutkan, mempelai pria yang harus membawa roti buaya ke kepada si mempelai wanita. Roti buaya juga harus dalam kondisi yang bagus, tanpa adanya cacat satu pun sebelum resmi diterima oleh pengantin wanita.

Ukuran dari tiap-tiap roti buaya juga dipercaya akan berkaitan dengan masa depan rumah tangga calon mempelai. Semakin besar ukuran dan semakin keras teksturnya, maka nasib pernikahan diyakini akan semakin baik.

Ditambahkan dari berbagai sumber, kepercayaan masyarakat Betawi terhadap roti buaya ini juga beraneka ragam lagi. Seseorang yang belum menikah, kemudian memakan roti ini maka dipercaya akan cepat bertemu sang pendamping hidup.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1833 seconds (0.1#10.140)