Usai Disentil Erick Thohir, Toilet 2 SPBU di Tomang Raya Langsung Digratiskan

Selasa, 23 November 2021 - 12:26 WIB
loading...
Usai Disentil Erick Thohir, Toilet 2 SPBU di Tomang Raya Langsung Digratiskan
Fasilitas toilet dua Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Tomang Raya, Jakarta Barat, sudah gratis untuk umum, Selasa (23/11/2021). Foto: MPI/Indra Purnomo
A A A
JAKARTA - Fasilitas toilet dua Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Tomang Raya, Jakarta Barat, sudah gratis untuk umum, Selasa (23/11/2021). Hal ini setelah video Menteri BUMN Erick Thohir mempertanyakan ihwal toilet di SPBU yang harus bayar.

Sentilan Erick Thohir membuat PT Pertamina langsung berkoordinasi dengan pemilik toilet di SPBU seluruh Indonesia. MNC Portal lalu mencoba menggunakan fasilitas toilet di dua SPBU Tomang Raya. Kedua SPBU itu berada di Jalan Tomang Raya Nomor 59, RT 01/RW 13, Tomang, Grogol Petamburan; dan di Jalan Tomang Raya Nomor 42, RT 01/RW 03, Jatipulo, Palmerah.



Kedua SPBU tersebut sudah menggratiskan masyarakat yang ingin menggunakan toilet di sana. Sebelum Erick Thohir mempertanyakan toilet di SPBU mesti bayar, biasanya tampak petugas sedang berjaga di depan toilet.

Saat ini tidak lagi terlihat petugas yang berjaga di depan toilet. Kotak untuk tempat uang jika pelanggan ingin menggunakan toilet, juga sudah tidak ada.

Meski sudah tidak berbayar, kondisi toilet di SPBU Tomang Raya tetap bersih. Tersedia juga fasilitas seperti wastafel untuk cuci tangan.

Tonton Video: Toilet di SPBU Pertamina Dibisniskan, Begini Reaksi Erick Thohir

Sebelumnya, Erick Thohir heran kenapa toilet sebagai fasilitas umum di SPBU harus berbayar. Hal ini diungkapkan Erick Thohir lewat video yang diupload pada Instagram pribadinya @erickthohir.

Dalam video tersebut terlihat Erick Thohir berbincang dengan seorang penjaga toilet umum di sebuah SPBU. Kepada penjaga tersebut, Erick mempertanyakan kenapa menggunakan toilet saja harus bayar.

"Kenapa engga gratis, ini kan fasilitas umum," tanya Erick kepada penjaga toilet. "Saya kurang tahu, pak. Saya cuma kerja di sini," jawab di penjaga toilet.

Erick Thohir lalu menanyakan pom bensin swasta itu milik siapa. "Pom bensin swasta, sama yang punya dikontrak. Kalau ada yang mau pakai bayar 2 ribu, kalau mandi 4 ribu untuk perawatan," jawab si penjaga toilet.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1965 seconds (0.1#10.140)