Hidup di Bawah Garis Kemiskinan, 406 Warga Ciracas Buang Tinja ke Kali

Senin, 22 November 2021 - 19:15 WIB
loading...
Hidup di Bawah Garis Kemiskinan, 406 Warga Ciracas Buang Tinja ke Kali
Warga Ciracas buang air besar ke kali. Foto: MNC Portal/Okto Rizki Alpino
A A A
JAKARTA - Ketiadaan septic tank di permukiman warga Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur, menjadi persoalan yang harus dituntaskan. Pasalnya, bila terus dibiarkan limbah tinja yang dibuang sembarangan dapat mengakibatkan pencemaran lingkungan.

Sekertaris Kecamatan Ciracas Abdul Khair mengatakan, pihaknya mencatat 406 kepala kelurga yang tersebar di lima Kelurahan masih membuang limbah tinja ke Kali Cipinang.

"Tinggal 406 keluarga dari sebelumnya 1.200. Saat ini pembangunan septic tank masih berlangsung diprakarsai pak Camat dari bantuan dana kemanusiaan donatur," kata Abdul di Jakarta Timur, Senin (22/11/2021).

Menurut dia, 406 kepala keluarga yang masih membuang tinja ke aliran kali Cipinang didominasi warga kurang mampu yang hidup di bawah garis kemiskinan. Sebagian lagi terdiri dari warga yang abai dengan lingkungan.



Ketua Tim kreatif Kecamatan Ciracas Sugiman menyatakan, upaya yang telah dilakukan agar warga yang berkecukupan membangun septic tank yakni memberikan teguran dan saksi tegas.

Teguran yang dimaksud adalah memberikan surat peringatan melalui Lurah masing-masing dan sanksi berupa penutupan saluran air di rumahnya agar tidak membuang tinja sembarangan.

"Petugas Satpol PP, Binmas Pol, Babinsa mengecek ke lapangan. Itu sangat efektif banget suratnya mereka langsung membuat," kata Sugiman.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.8752 seconds (0.1#10.140)