Dikepung Bencana, DPRD Bogor Bunyikan Alarm Siaga Bencana

Senin, 08 November 2021 - 11:49 WIB
loading...
Dikepung Bencana, DPRD Bogor Bunyikan Alarm Siaga Bencana
DPRD meminta Pemkot Bogor bunyikan alarm siaga bencana. Foto : Dok SINDOnews
A A A
BOGOR - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogormendesak Pemkot Bogor untuk membunyikan alarm siaga bencana. Hal itu menyusul tingginya angka bencana yang terjadi sejak awal November 2021.

”Alarm siaga bencana harus dibunyikan. BPBD harus standby dan selalu on call, siaga penuh dalam tanggap bencana dengan merespon cepat aduan warga,” kata Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanyo, Senin (8/11/2021).
Baca Juga : Kota Bogor Dikepung 23 Bencana di 5 Kecamatan

Tak hanya itu, Atang juga menyebutkan bahwa peran lurah dan camat sebagai aparatur wilayah juga sangat penting dalam penanggulangan bencana ini. ”Keberadaan camat dan lurah menjadi sentral karena posisinya sebagai pamong wilayah, yang faham situasi wilayah,” katanya.
Baca Juga : Puncak Bogor Hujan, Bendung Katulampa Masih Siaga 4

Untuk itu, kata dia, koordinasi dengan RW RT dan pengurus lingkungan lain sangat penting untuk antisipasi ataupun respon cepat dari berbagai kemungkinan yang tidak di inginkan. Pemkot Bogor, melalui BPBD dapat memaksimalkan penggunaan anggaran bantuan tak terencana (BTT) sebesar Rp 30 miliar untuk menanggulangi bencana.

”Di APBD perubahan 2021 kemarin kita telah anggarkan anggaran BTT sebesar Rp 30 miliar. Untuk kedaruratan, jangan lamban. Jangan birokratis. Jangan sampai ada sisa anggaran (SILPA) dari BTT, sementara kondisi rakyat sangat membutuhkan akibat bencana,” pungkasnya.

Untuk diketahui, tercatat sebanyak 23 bencana terjadi di wilayah Kota Bogor hingga Minggu 7 November 2021 sore. Terbanyak yakni bencana tanah longsor dan banjir lintasan, dimana 2 orang mengalami luka-luka.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1977 seconds (0.1#10.140)