BMKG Peringatkan Bogor, Ade Yasin Minta Warga Siaga Banjir

Minggu, 07 November 2021 - 14:33 WIB
loading...
BMKG Peringatkan Bogor, Ade Yasin Minta Warga Siaga Banjir
Bupati Bogor Ade Yasin mengimbau masyarakat untuk waspada datangnya banjir bandang. Foto : Dok SINDOnews
A A A
BOGOR - Bupati Bogor Ade Yasin mengimbau masyarakat untuk bersiaga terhadap potensi cuaca dampak hujan lebat yang dapat menyebabkan banjir bandang di wilayah Kabupaten Bogor.

Hal tersebut berdasarkan pada informasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Jakarta yang merilis prakiraan cuaca berbasis dampak (IBF) untuk dampak banjir/banjir bandang di Jawa Barat pada Sabtu 6 November 2021. Prakiraan itu berlaku untuk tanggal 7-8 November 2021.

"Meski dalam kondisi siaga, masyarakat tidak perlu panik dan tetap tenang, berhati-hati jika beraktivitas di luar rumah," kata Ade Yasin, Minggu (7/11/2021).


Terlebih, kata dia, untuk daerah-daerah yang masuk rawan bencana. "Cari informasi valid melalui pihak-pihak terkait kebencanaan, serta tetap menjaga protokol kesehatan, karena masih dalam situasi pandemi Covid-19," tutupnya.

Untuk informasi, berdasarkan rilis BMKG Jakarta mengenai potensi dampak hujan lebat untuk dampak banjir/bandang dapat terjadi di wilayah Jawa Barat, tiga daerah berstatus siaga diantaranya, Sukabumi, Kabupaten Garut, dan Kabupaten Bogor.

Dalam rilisnya, Kecamatan Cibinong, Citeureup, Babakan Madang, Sukaraja, Bojonggede, Tajurhalang, Kemang, Rancabungur, Ciomas, Dramaga, Tamansari, Ciawi, Megamendung, Cijeruk, Caringin, Cigombong, Pamijahan, Tenjolaya, Leuwiliang, Ciampea, Nanggung, Leuwisadeng, Rumpin, Cibungbulang, Tanjungsari, Sukamakmur sebagai wilayah berpotensi terdampak.

Detail informasi prakiraan berbasis dampak BMKG tersebut dapat diakses melalui linkhttps://signature.bmkg.go.id. BMKG juga membuka layanan informasi cuaca 24 jam, melalui call center 021-196,http://www.bmkg.go.id, instagram @infobmkg.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2235 seconds (0.1#10.140)