Antisipasi Jatuh Korban di Musim Penghujan, Pohon-pohon di Pulau Pramuka Dipangkas

Kamis, 21 Oktober 2021 - 04:12 WIB
loading...
Antisipasi Jatuh Korban di Musim Penghujan, Pohon-pohon di Pulau Pramuka Dipangkas
Pemkab Kepulauan Seribu menerjunkan 71 petugas PPSU guna mengantisipasi potensi pohon tumbang saat datangnya musim penghujan di Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, pada Rabu (20/10/2021). Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu bersiap menyambut datangnya musim penghujan di Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Rabu (20/10/2021). Langkah antisipasi dilakukan dengan menerjunkan 71 petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) guna mengantisipasi potensi pohon tumbang.

Sejumlah daun dan ranting Pohon Ketapang dan Keben (Butun) di Pulau Pramuka mulai dibabat agar tidak membahayakan warga yang melintas di kawasan tersebut.

Lurah Pulau Panggang Muhammad Fakih Burhanudin mengatakan upaya ini dilakukan sebagai salah satu langkah mitigasi bencana masuknya musim hujan dan angin kencang yang dikhawatirkan adanya pohon tumbang.

"Jenis pohonnya adalah Ketapang dan Butun. Kami lakukan penopingan (pemangkasan daun dan ranting pohon) karena sudah cukup panjang dan rimbun sehingga mengganggu aktivitas warga di lokasi tersebut," ujarnya di Kepulauan Seribu, Rabu (20/10/2021).

Dia menjelaskan pemangkasan itu dilakukan sudah sejak tiga minggu lalu hingga hari ini oleh petugas PPSU dilengkapi dengan peralatan pendukung. Penopingan dikategorikan ringan, sedang, dan berat, karena usia pohon yang sudah tua.

Selain itu pohon yang dilakukan penopingan karena ranting yang cukup lebat sehingga rawan tumbang.

"Kami juga mendeteksi pohon secara kasat mata yang sudah terlihat keropos pada bagian luarnya, kemudian langsung dilakukan penebangan karena khawatir bisa membahayakan masyarakat yang melintas," katanya.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1968 seconds (0.1#10.140)