4 Rumah di Dua Kecamatan Kabupaten Bogor Rusak Diterjang Angin Kencang

Selasa, 19 Oktober 2021 - 12:17 WIB
4 Rumah di Dua Kecamatan Kabupaten Bogor Rusak Diterjang Angin Kencang
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sedikitnya ada empat rumah rusak diterjang angin kencang saat hujan deras di wilayah Kabupaten Bogor Minggu (17/10/2021). Foto/Ist/BNPB
A A A
BOGOR - Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB ) melaporkan sedikitnya ada empat rumah rusak diterjang angin kencang saat hujan deras di wilayah Kabupaten Bogor , Minggu (17/10/2021) pukul 16.00 WIB. Satu unit rumah rusak berat dan tiga rumah rusak ringan berada di Desa Putat Nutug, Kecamatan Ciseeng dan Desa Karang Asem Barat, Kecamatan Citeureup.

Sebanyak 4 KK atau sekitar 19 jiwa terdampak serta 1 KK atau 3 orang mengungsi ke rumah kerabat terdekat. Angin kencang dan hujan deras juga mengakibatkan pohon di sejumlah ruas jalan tumbang menutup akses jalan. (Baca juga; Horor Hujan Angin di Bogor, Pohon Tumbang Timpa Mobil hingga Atap Rumah Beterbangan )

Pasca kejadian, BPBD Kabupaten Bogor segera mengerahkan Tim Reaksi Cepat bersama tim gabungan lainnya untuk mengevakuasi pohon tumbang. “Di samping itu, pendataan dan koordinasi dengan lintas instansi juga terus dilakukan guna mempercepat penanganan kejadian ini,” ungkap Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari dalam keterangan resmi, Selasa (19/10/2021).

Sementara itu, berdasarkan analisa InaRISK, Kabupaten Bogor memiliki potensi cuaca ekstrem dengan kategori sedang hingga tinggi. Untuk mengurangi risiko dampak bencana hidrometeorologi salah satunya fenomena angin kencang, BNPB mengimbau masyarakat untuk selalu waspada dan siap siaga. (Baca juga; Pesta Miras, 3 Sopir Angkot Tewas di Bogor )



Selain itu, warga juga dapat melakukan tindakan pencegahan seperti melakukan pemotongan ranting pohon di sekitar tempat tinggal. Termasuk memantau perkembangan cuaca dan potensi bahaya di sekitar melalui sumber resmi melalui InaRISK maupun info BMKG.
(wib)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1573 seconds (10.101#12.26)