Markas Brigkav 1/Limpung Alugoro Serpong Diresmikan, Bawahi 2 Batalion Kavaleri

Kamis, 14 Oktober 2021 - 22:25 WIB
Markas Brigkav 1/Limpung Alugoro Serpong Diresmikan, Bawahi 2 Batalion Kavaleri
Markas Brigkav 1/Limpung Alugoro yang berada di Jalan Rawa Kutuk, Pondok Jagung, Serpong Utara, Tangerang Selatan, diresmikan Kamis (14/10/21). Foto: Hambali/MNC Portal
A A A
TANGERANG SELATAN - Markas Brigade Kavaleri (Brigkav) 1/Limpung Alugoro yang berada di Jalan Rawa Kutuk, Pondok Jagung, Serpong Utara, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), diresmikan Kamis (14/10/21). Markas Brigkav 1 itu berdiri di atas lahan seluas sekira 8,2 hektare.

Baca juga: KSAD Resmikan Brigkav Limpung Alugoro, Brigade Kavaleri Pertama di Indonesia

Proses pembangunan markas Brigkav 1 Limpung Alugoro telah dimulai sejak 2018 silam. Nama Limpung Alugoro diambil dari jenis senjata gada dan tombak bermata di kedua ujungnya.

Komandan Brigkav 1/Limpung Alugoro Kolonel Kav Agus Waluyo mengatakan, terdapat 2 batalion kavaleri di bawah naungan Brigkav 1, yakni Batalion Kavaleri (Yonkav) 9 dan Yonkav 7.



Baca juga: Ini Jajaran Kendaraan Tempur Andalan Kavaleri di Indonesia

"Dengan adanya pembentukan Brigkav ini maka 2 batalion tersebut divalidasi menjadi di bawah Brigade Kavaleri," katanya.

Markas Brigkav 1/Limpung Alugoro Serpong Diresmikan, Bawahi 2 Batalion Kavaleri


Yonkav 9/Satya Dharma Kala berlokasi di Serpong Utara. Sedangkan markas Yonkav 7/Sersus berada di kawasan Cijantung, Jakarta Timur. Kedua batalion ditugaskan menjaga Ibu Kota dari berbagai ancaman.

Namun berbeda dengan markas 2 batalion yang dilengkapi alat utama sistem senjata (alutsista). Keberadaan markas Brigkav 1/Limpung Alugoro tidak dilengkapi dengan panser dan tank.

"Untuk penempatan alutsista ini kan sudah tergelar di 2 batalion tersebut. Kalau di sini hanya untuk kompi pendukung saja. Kita sebagai unsur operasional pendukung dari kesatuan-kesatuan manuver yang ada di bawah kami," jelas Agus.

Total Markas Brigkav 1/Limpung Alugoro dihuni oleh 316 personel. Mereka terdiri atas perwira staf hingga badan pelaksana, satuan Denma, serta satuan pendukung lainnya.
(thm)
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2021 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2322 seconds (11.252#12.26)