Nestapa Korban Pinjol PT ITN, Pinjam Rp2,5 juta Bayar Rp104 juta

Kamis, 14 Oktober 2021 - 20:04 WIB
loading...
Nestapa Korban Pinjol PT ITN, Pinjam Rp2,5 juta Bayar Rp104  juta
Dedi, orang tua korban jeratan pinjol PT ITN yang harus membayar utang Rp104 juta, padahal hanya meminjam Rp2,5 juta.Foto/MPI/Dimas Choirul
A A A
JAKARTA - Korban intimidasi pinjaman online PT Indo Tekno Nusantara (ITN) yang digerebek Polda Metro Jaya angkat suara. Salah seorang korban mengaku harus membayar utang berserta bunga mencapai Rp104 juta, padahal utang yang dipinjam hanya Rp2,5 juta.

Dedi, korban jeratan pinjol PT ITN mengaku anaknya pernah diintimidasi perusahaan pinjol tersebut. Bentuk intimidasi tersebut mulai dari ancaman sebagai buronan polisi hingga ingin diculik.

"Foto anak saya juga disebar ke relasi-relasi saya, dengan tulis-tulisan yang enggak-enggak," kata Dedi kepada wartawan di Kantor PT ITN Rukan Crown Blok C1-7, Green Lake City, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Kamis (14/10/2021).

Dedi mengatakan, anaknya telah menjadi korban intimidasi karena pernah meminjam uang senilai Rp2,5 juta ke salah satu aplikasi pinjol milik PT ITN pada 2019. Namun, karena tidak mampu membayar, anaknya kemudian diteror terus menerus.

"Anak saya katanya meminjam uang Rp2,5 juta, berbunga-bunga terus itu dari 2019 totalnya Rp104 juta saya bayar," ungkapnya.

Seperti diketahui, Polda Metro Jaya menggerebek kantor PT ITN karena diduga perusahaan tersebut menjalankan praktik pinjol ilegal. Dalam penggerebekan itu, sebanyak 32 orang pekerja diamankan polisi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, terdapat 13 aplikasi pinjol yang dikelola PT ITN. Dari jumlah itu 10 aplikasi berstatus legal dan tiga aplikasi lainnya berstatus ilegal.

Yusri menuturkan, aktivitas perusahaan ini sudah meresahkan masyarakat, dan bahkan menyebarkan privasi konsumen yang menggunakan jasa mereka. Para kolektor di perusahaan ini dinilai telah membuat stres masyarakat, dari mulai mengancam, hingga menyebarkan konten pornografi.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1914 seconds (0.1#10.140)