Asal Muasal Rawa Bangke Jatinegara yang Dulunya Tempat Buang Mayat

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 05:00 WIB
loading...
A A A
Haji Sanap menuturkan pada masa perang kemerdekaan di Jatinegara, pertempuran terjadi di wilayah Senen, Pecenongan, dan Pulogadung. Markas tentara Indonesia di Klender. Tokohnya Kiai Haji Darip dan Kiai Hasbullah. Di Ujung Harapan ada KH Noer Ali.

Haji Sanap juga ikut bertempur melawan pasukan Inggris. “Semasa revolusi nggak ada Belanda yang buang mayat di Rawa Bangke,” ujarnya.

Selain itu, Belanda banyak bunuh orang kampung di Pondok Gede. Pejuang kita tidak bikin markas di Jatinegara, kalau lari ke Pondok Gede. Memang ada yang ditangkap di Mester Cornelis, tapi sepengetahuan Haji Sanap tidak ada yang dibunuh di situ. Seingatnya di Bioskop Nusantara itu ada gang kecil. Dahulu itu markas Belanda dan tempat menahan pejuang.

Menurut Haji Sanap, penduduk kita banyak yang mati pada 1947-1949. Tentara Belanda banyak pakai spionase atau mata-mata. Kalau ada rumah yang ditunjuk spionase, mereka main bakar saja. “Di Klender yang jadi Markas Brimob dulunya markas Belanda, di sana kami pernah merampas satu peti granat. Sekarang banyak sepuh yang sudah meninggal dan mereka tahu banget asal Rawa Bangke," ujarnya.
(jon)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1529 seconds (0.1#10.140)