Zona Hijau Bertambah, Walkot Jakbar Persiapkan New Normal

Selasa, 02 Juni 2020 - 17:54 WIB
loading...
Zona Hijau Bertambah, Walkot Jakbar Persiapkan New Normal
Pemkot Jakarta Barat persiapkan new normal. Foto: Yan Yusuf/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Memasuki bulan ke empat masa pandemi Covid 19, Wali Kota Jakarta Barat Rustam Effendi mengklaim zona hijau di wilayahnya alami penambahan.

Meski demikian, dia enggan melepas wilayahnya dari Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Pasalnya, penerapan itu merupakan kebijakan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

“Kami baru sebatas merancang aturan dan protokoler kesehatan,” kata Rustam usai FGD di Gedung Siti Maryam, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Selasa (2/6/2020).

Sebelumnya, PSBB di DKI Jakarta diperpanjang hingga, Kamis 4 Juni 2020. Langkah ini seiring masih adanya warga yang terkena Covid-19.

Rustam melanjutkan untuk zona hijau, sudah mencapai 46 kelurahan dari 56 kelurahan yang tersebar di Jakarta Barat. Jumlah ini meningkat bila merujuk dari bulan Maret 2020.

Kala itu, hampir sebagian Jakarta Barat terkena Covid-19. Dan hanya satu wilayah, yakni Roa Malaka, Tambora yang bebas Covid-19.

Meski demikian, Rustam mengakui pihaknya enggan terlena. Pasalnya, sejauh ini masih ada wilayah, yakni 10 kelurahan di Jakarta Barat yang tercatat masih Covid-19.

“Ada beberapa kelurahan di Jakbar antara lain Maphar, Grogol, Palmerah. Total ada 10 kelurahan penularannya masih tinggu, penularannya masih ada. Makanya kita evaluasi,” kata Rustam.

Rencanaya evaluasi yang dianalisis ini akan ia sampaikan kepada Gubernur Anies saat PSBB di DKI selesai 4 Juni 2020 mendatang.

“Seandainya nanti new normal dilakukan. Persiapannya apa kalau seandainya nanti sudah buka apa, nah ini yang kita bahas,” ucap Rustam.

Mempercepat itu, Rustam masih menunggu masukan sejumlah pihak. Selain dari pelaku bisnis seperti Pengelola Mall dan Pasar. Pihaknya juga mendengar masukan dari TNI dan Polri.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1144 seconds (0.1#10.140)