Hendak ke Bandara Tanpa SIKM, Orang Ini Diisolasi di Masjid Raya Jakarta

Senin, 01 Juni 2020 - 18:48 WIB
loading...
Hendak ke Bandara Tanpa SIKM, Orang Ini Diisolasi di Masjid Raya Jakarta
Masjid KH Hasyim Asyari atau Masjid Raya Jakarta. Foto: SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Memasuki hari ke lima penerapan dan pengecekan Surat Izin Keluar Masuk (SIKM) , baru satu orang yang diketahui diisolasi di Masjid KH Hasyim Asy'ari atau Masjid Raya Jakarta, lantaran tidak mengantongi SIKM.

Namun belum 12 jam di sana, ia diperbolehkan pulang setelah seorang keluarganya membawa SIKM. Rencananya pria itu hendak menggunakan pesawat dari Bandara Soekarno-Hatta. (Baca juga: New Normal Sulit bagi Masyarakat Menengah ke Bawah, Mudah bagi Kelas Atas)

"Beberapa hari lalu sempat ada satu yang dibawa, tapi karena ada saudaranya yang bisa menunjukan SIKM orang tersebut, maka telah kami pulangkan," ujar Kepala Sekretariat Masjid KH Hasyim Asy'ari, Suprapto, Senin (1/6/2020).

Menurut Suprapto, Masjid Raya Jakarta sebenarnya menjadi tempat isolasi bagi pemudik yang kembali ke Jakarta atau penumpang dari Bandara Soekarno-Hatta yang tidak memiliki SIKM. Mereka akan diisolasi di sana minimal selama 14 hari sesuai masa inkubasi Covid-19. (Baca juga: Antisipasi Arus Balik, Dishub Perkirakan 1,8 Juta Orang Masuk Jabodetabek)

Selain itu, mereka juga dianjurkan untuk mengikuti swab test dengan biaya mandiri untuk mengetahui kondisi kesehatannya. "Kalau hasil swab testnya negatif mereka boleh pulang. Sedangkan kalau positif akan dibawa ke Wisma Atlet," kata Supapto.

Diketahui, sedikitnya 100 barak telah disediakan di Masjid Raya Jakarta KH Hasyim Asy'ari, Cengkareng, Jakarta Barat, sejak Rabu (27/5/2020). Barak itu ditempatkan dalam empat ruang. (Baca juga: Belum Siap Jalani New Normal, Tangerang Raya Perpanjang PSBB)

Hingga kini, kata Suprapto, belum ada pemudik yang diisolasi di Masjid KH Hasyim Asy'ari. Meski demikian, pengurus masjid telah menyediakan lima ruangan karantina dengan fasilitas tempat tidur dengan memperhatikan pembatasan jarak.

“Namun untuk urusan makanan ditanggung sendiri oleh para penghuni,” tutupnya. (Baca juga: Jelang New Normal, Empat Warga Bekasi Ditemukan Positif Corona)
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1116 seconds (0.1#10.140)