MNC Peduli Bersama PMI DKI Jakarta Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen

Rabu, 08 September 2021 - 16:32 WIB
loading...
MNC Peduli Bersama PMI DKI Jakarta Ajak Penyintas Covid-19 Donor Plasma Konvalesen
MNC Peduli terus menunjukkan kepedulian pada masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Kali ini, Rabu (8/9/2021) MNC Peduli bersama PMI DKI Jakarta menggelar donor plasma konvalesen untuk membantu pasien Covid-19. Foto: MPI/Jonathan Simanjuntak
A A A
JAKARTA - MNC Peduli terus menunjukkan kepedulian pada masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Kali ini, Rabu (8/9/2021) MNC Peduli bersama Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta menggelar donor plasma konvalesen untuk membantu pasien terinfeksi Covid-19.

Plasma konvalesen saat ini diyakini dapat menjadi terapi bagi para pasien yang berjuang melawan Covid-19. Maka itu, MNC Peduli dan PMI DKI Jakarta mengajak para pasien penyintas Covid-19 dari MNC Group untuk memenuhi stok plasma konvalesen dengan cara mau mendonorkan.
Baca juga: Bantu Pemerintah Tekan Covid-19, MNC Peduli Buka Sentra Vaksinasi di Lido Bogor

Sejumlah calon pendonor plasma konvalesen harus melewati proses wawancara. Di sana mereka akan ditanyai mengenai riwayat ketika sedang berjuang melawan Covid-19.

Apabila calon pendonor lolos, maka akan meneruskan ke fase pemeriksaan darah. Pada fase ini, keberadaan antibodi akan dicek. Apabila jumlahnya rendah maka peserta tidak dapat melanjutkan ke tahap berikutnya. Sementara, hasilnya akan keluar setengah jam dihitung dari pengambilan sampel.

Setelah melewati tahap di atas dan berhasil lolos, calon pendonor akan langsung diambil plasmanya. Adapun plasma diambil dengan menggunakan alat khusus yakni apheresis.

Wakil Kepala Unit Donor Darah PMI DKI Jakarta Dian Winarti mengatakan, pentingnya donor plasma konvalesen lantaran digunakan untuk terapi pengobatan Covid-19. Stok donor plasma konvalesen juga dibutuhkan.

“Memang penting, karena itu plasma konvalesen merupakan salah satu alternatif di dalam pengobatan terhadap pasien Covid-19 dan waktu Juni kemarin itu memang permintaan sangat tinggi untuk plasma konvalesen,” ujar Dian, Rabu (8/9/2021).

Ketua MNC Peduli Jessica Tanoesoedibjo mendukung penuh kegiatan donor plasma konvalesen. Menurutnya, donor ini merupakan bentuk kepedulian terhadap masyarakat.

“Kami berterima kasih kepada para penyintas yang secara sukarela telah mau peduli dan berbagi kepada teman-teman yang tengah berjuang melawan Covid-19 dengan mendonorkan plasmanya,” ujar Jessica
Baca juga: Galakkan Prokes, MNC Peduli Dukung Relawan Salurkan Masker di Watesjaya Bogor

MNC Peduli merupakan wadah kegiatan sosial dari MNC Group dan seluruh unit usaha yang terafiliasi. Dalam menjalankan visi-misi, #mncpeduli melaksanakan kegiatan sosial untuk membantu masyarakat, khususnya prasejahtera dan terdampak bencana.

Tiga pilar utama yang dijalankan yaitu sosial, kemanusiaan, dan keagamaan, termasuk di dalamnya yang terkait dengan pendidikan, lingkungan, dan pembangunan infrastruktur. Simak pula aktivitas dan inspirasi kepedulian serta solidaritas yang diusung MNC Peduli di mncpeduli.org.
(jon)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2405 seconds (10.101#12.26)