Kebakaran Lapas Tangerang yang Tewaskan 41 Napi, Hanguskan 9 Kamar di Blok C

Rabu, 08 September 2021 - 12:00 WIB
loading...
Kebakaran Lapas Tangerang yang Tewaskan 41 Napi, Hanguskan 9 Kamar di Blok C
9 Kamar di Blok C Lapas Tangerang hangus terbakar. Akibat kebakaran ini, 41 napi meninggal dunia. Foto: Ist
A A A
TANGERANG - Direktur Jenderal (Dirjen) Pemasyarakatan Reinhard Silitonga mengatakan, ada 9 kamar narapidana yang ludes terbakar di Lapas Tangerang , dan dihuni 122 narapidana.

Seluruh kamar itu, berada di Blok C2 Lapas Tangerang. Idealnya, dari 9 kamar itu hanya diisi oleh sekitar 40 narapidana. Diduga karena over kapasitas, akhirnya membuat jumlah korban tewas hingga mencapai 41 orang.

"Ya, jadi lapas ini seluruhnya ada 7 blok. Di mana per blok itu ada 9 kamar. Nah yang terbakar ini adalah Blok C2, di mana di situ ada aula dan 9 kamar," kata Reinhard di Lapas Tangerang, Rabu (8/9/2021).

Dilanjutkan dia, seluruh penghuni Blok C 2 di Lapas Tangerang, sebanyak 122 orang narapidana menjadi korban dalam kebakaran itu. Sedang blok lain, jauh dari lokasi.

"Ada 122 WBP di Blok C2 yang terdampak dari insiden kebakaran. Kalau blok lain jauh, karena masing-masing blok itu jauh. Jadi di blok ini lah terjadi, diduga awalnya karena hubungan arus pendek listrik," ungkapnya.

Saat ini, pihaknya masih mengamankan WBP yang masih berada di blok lain di dalam Lapas Tangerang dan telah memasang garis polisi di Blok C 2 yang terbakar tadi malam.

"Kami masih mendalami penyebab kebakaran yang menewaskan 41 orang, 8 orang luka berat dan 72 orang lainnya luka-luka ringan ini. Ya, masih di dalami mengapa sampai timbul korban berjumlah 41," sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, kebakaran hebat di Lapas Tangerang, baru berhasil dipadamkan sekitar jam 03.00 WIB dini hari. Api diketahui mulai membakar lapas selama 2 jam, sedari jam 01.45 WIB.

Kapolrestro Tangerang, Kombes Pol Deonijiu De Fatima menceritakan kronologis peristiwa nahas itu. Dikatakan, kobaran api mulai terlihat sekira jam 01.45 WIB dari Blok C.

"Api berhasil dipadamkan jam 3 pagi. Api berkobar dari jam 01.45 WIB. Kemungkinan besar kebakaran ini berlangsung selama dua jam lebih," kata Deonijiu kepada wartawan.

Saat api membesar, napi penghuni Blok C bersama dengan anggota jaga melaksanakan pengecekan ke ruang tahanan Blok C dan berusaha untuk melakukan evakuasi.

Nahas, dalam proses evakuasi itu, petugas hanya berhasil menyelamatkan sekira 20 orang napi. Sedang sebanyak 100 orang napi dilaporkan tidak berhasil dilakukan evakuasi karena api yang semakin membesar.

"Polres didukung tim dari Polda melakukan pengamanan di TKP dan penyelamatan terhadap warga binaan dan upaya memadamkam dan mengisolasi agar api tidak meluas. Itu langkah awalnya," jelasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4889 seconds (0.1#10.140)