Ini Rute KRL Commuter Line Lengkap untuk Mobilitas Harian di Jabodetabek

Minggu, 29 Agustus 2021 - 10:50 WIB
loading...
Ini Rute KRL Commuter Line Lengkap untuk Mobilitas Harian di Jabodetabek
Ini rute KRL Commuter Line lengkap untuk mobilitas harian di Jabodetabek. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Ini rute KRL Commuter Line lengkap untuk mobilitas harian di Jabodetabek. Sebagai masyarakat urban tentu tidak asing dengan kereta Commuter Line dalam melakukan mobilitas setiap harinya.

Berdasarkan website resmi PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ) www.krl.co.id yang dikutip, Minggu (29/8/2021), KCJ dibentuk sesuai dengan Inpres No 5 Tahun 2008 dan Surat Menteri Negara BUMN No. S-653/MBU/2008 tanggal 12 Agustus 2008. Perubahan nama menjadi KCI tertuang dalam risalah Rapat Umum Pemegang Saham pada 7 September 2017 yang juga telah mendapat Persetujuan Menteri Hukum dan HAM RI atas Perubahan Anggaran Dasar Perseroan Terbatas dengan Nomor Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI No.AHU-0019228.AH.01.02.Tahun 2017 tanggal 19 September 2017.
Baca juga: Senin Pagi, Jumlah Penumpang KRL Commuter Line Naik 7%

Pembentukan anak perusahaan ini berawal dari keinginan para stakeholdernya untuk lebih fokus dalam memberikan pelayanan yang berkualitas dan menjadi bagian dari solusi masalah transportasi perkotaan yang semakin kompleks. Perseroan ini resmi menjadi anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero) sejak tanggal 15 September 2008.

Kehadiran KCI dalam industri jasa angkutan KA Commuter bukanlah kehadiran yang tiba-tiba, tetapi merupakan proses pemikiran dan persiapan yang cukup panjang. Dimulai dengan pembentukan Divisi Angkutan Perkotaan Jabotabek oleh PT KAI (Persero), yang terpisah dari PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta.

Setelah pemisahan ini, pelayanan KRL di wilayah Jabotabek berada di bawah PT KAI (Persero) Divisi Angkutan Perkotaan Jabotabek. Sementara, pelayanan KA jarak jauh yang beroperasi di wilayah Jabodetabek berada di bawah PT KAI Daop 1 Jakarta.

Dan akhirnya PT KAI (Persero) Divisi Angkutan Perkotaan Jabotabek berubah menjadi sebuah perseroan terbatas, PT KCJ. Setelah menjadi perseroan terbatas, perusahaan ini mendapatkan izin usaha No. KP 51 Tahun 2009 dan izin operasi penyelenggara sarana perkeretaapian No. KP 53 Tahun 2009 yang semuanya dikeluarkan oleh Menteri Perhubungan.

Tugas pokok perusahaan yang baru ini adalah menyelenggarakan pengusahaan pelayanan jasa angkutan kereta api komuter dengan menggunakan sarana Kereta Rel Listrik di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) dan sekitarnya serta pengusahaan di bidang usaha non angkutan penumpang.

KCI memulai modernisasi angkutan KRL pada tahun 2011 dengan menyederhanakan rute yang ada menjadi lima rute utama, penghapusan KRL ekspres, penerapan kereta khusus wanita, dan mengubah nama KRL ekonomi-AC menjadi kereta Commuter Line. Proyek ini dilanjutkan dengan renovasi, penataan ulang, dan sterilisasi sarana dan prasarana termasuk jalur kereta dan stasiun kereta yang dilakukan bersama PT KAI dan pemerintah.
Baca juga: Inilah Rute Lengkap Transjakarta Terintegrasi di Jakarta dan Kota Penyangga

Adapun rutenya yaitu:

1. Rute KRL Bogor
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2031 seconds (0.1#10.140)