Anies Acungi Dua Jempol Tim Medis TMR yang Tangani 2 Harimau Covid-19

loading...
Anies Acungi Dua Jempol Tim Medis TMR yang Tangani 2 Harimau Covid-19
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau kembali 2 Harimau Sumatera yang positif Covid-19 di Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (1/8/2021). Foto: MPI/Muhammad Refi Sandi
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau kembali 2 Harimau Sumatera bernama Hari dan Tino yang positif Covid-19 di Taman Margasatwa Ragunan (TMR), Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu (1/8/2021).

Anies mengapresiasi kesigapan tim medis TMR dalam mendeteksi dan menangani Hari dan Tino. "Kami bersyukur mereka tertangani dengan baik. Apresiasi kepada tim medis di TMR yang pertama mendeteksi dini melihat gejala-gejala langsung bertindak melihat gejala melakukan langkah-langkah yang benar. Sehingga satwa ini bisa terlindungi dan sekarang menunjukkan tanda-tanda sudah pulih," ujarnya.
Baca juga: Begini Ceritanya 2 Harimau Sumatera di Ragunan Bisa Terinfeksi Corona

Dia memastikan Hari dan Tino telah sembuh dari Covid-19. "Warga Jakarta yaitu Hari dan Tino sudah menunjukkan tanda-tanda kesembuhan. Hari itu berusia 12 tahun, Tino berusia 9 tahun, mereka ayah dan anak dari Harimau Sumatera yang berada di TMR," kata Anies.

Kepala Unit Pengelola Taman Margasatwa Ragunan Endah Rumiyati menjelaskan kronologis mengenai Hari dan Tino. "Tino ini yang berusia 9 tahun bergejala klinis itu sejak tanggal 9 Juli 2021 dan Hari di tanggal 11 atau dua hari setelah Tino. Gejala klinis yang ditimbulkan atau ditunjukkan oleh satwa tersebut yaitu satwa tersebut batuk, nafasnya terlihat berat, ada cairan dari hidung, aktivitasnya menurun serta nafsu makannya menurun. Tim medis TMR memberikan pengobatan dengan antibiotik cefradoxil, antihistamin, cybriadil, dan antiradangnya. Kita samakan dengan manusia itu dexametason dan juga kita tetap kasih multivitamin," ujar Endah.
Baca juga: Tengok 2 Harimau Terpapar Covid-19 di TMR, Anies: Hari dan Tino Tidak Harus Buru-buru WFO



Tim medis TMR tetap melakukan observasi lebih lanjut. Kemudian dilakukan uji laboratorium untuk memastikan benar-benar negatif. "Tim medis kami tetap melakukan observasi karena kami sendiri melihat bahwa satwa tersebut secara klinis sudah tidak menunjukkan gejala klinis sakit lagi dan akan kami lanjutkan dengan uji laboratorium untuk memastikan satwa tersebut benar-benar negatif Covid," tuturnya.
(jon)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top