Viral Video Ibu Hamil Positif COVID-19 Ditolak Puskesmas Situ Udik Bogor, Petugas Asyik Karaoke

Jum'at, 09 Juli 2021 - 19:51 WIB
loading...
Viral Video Ibu Hamil Positif COVID-19 Ditolak Puskesmas Situ Udik Bogor, Petugas Asyik Karaoke
Dalam video berdurasi 1 menit 43 detik itu, terlihat ibu hamil memakai daster lengkap dengan masker mendatangi Puskesmas Situ Udik, Cibungbulang, Kabupaten Bogor Jumat (9/7/2021) pukul 10.00 WIB. Foto/Ist/Tangkapan Layar twitter @txtbogor
A A A
BOGOR - Baru-baru ini warganet dibuat heboh dengan video rekaman ibu hamil positif COVID-19 ditolak petugas puskesmas yang asyik karaokean. Dalam video berdurasi 1 menit 43 detik itu, terlihat ibu hamil memakai daster lengkap dengan masker mendatangi Puskesmas Situ Udik , Cibungbulang, Kabupaten Bogor pada pukul 10.00 WIB.

Berdasarkan pantauan dari video yang viral di media sosial itu terlihat puskesmas tertutup rapat, tak lama kemudian keluarlah tenaga kesehatan (nakes) dan menanyakan keperluannya. (Baca juga; Pria Paruh Baya di Bogor Meninggal Mendadak saat Salat Jumat )

"Pak ini saya mau lapor, saya dari Cemplang (Leuwiliang), mau berobat ke Puskesmas yang Cibatok, karena saya mau lapor saya ini habis antigen (hasilnya) positif COVID-19," ujar ibu hamil kepada tenaga kesehatan yang membuka pintu dan terdengar suara seseorang di dalamnya sedang karaokean.

Lalu, lanjut ibu hamil itu, mengaku disuruh petugas Puskesmas Cibatok untuk mendatangi Puskesmas Situ Udik untuk melapor. "Kebetulan dokternya nggak ada bu, sebentar tunggu ya," ucap petugas Puskesmas Situ Udik yang masuk ke dalam dan terdengar sangat jelas suara keras petugas puskesmas yang asyik bernyanyi.

Lalu ibu hamil itu, langsung menanyakan apakah menggunakan kartu BPJS tetap bisa berobat di Puskesmas Situ Udik. "Kalau pakai BPJS bikin rujukan dulu, kalau hari Jumat tutup bu, besok saja balik lagi," ucap petugas Puskesmas itu. (Baca juga; Ini 7 Instruksi Bupati Ade Yasin Rem Lonjakan Covid-19 di Kabupaten Bogor )

Video tersebut langsung viral pada Jumat (9/7/2021) di media sosial twitter dan dibagikan akun influencer twitter @txtbogor sehingga membuat warganet geram. "Puskesmas Desa Situ Udik pada jam kerja seharusnya kelayani pasien yang hendak ingin berobat malah tutup dan sibuk asik karokean," tulis akun @txtbogor.

Bahkan akun @txtbogor sempat memposting tangkapan layar percakapan grup WhatsApp warga Bogor Barat terkait video yang viral di media sosial tersebut bahwa benar itu terjadi saat jam kerja.

"Jam kerja karaokean aneh, antigennya positif tapi masih keliaran ya Allah," tulis warganet @shadil10.

"Gua fokus di "Saya positif" terus mas masnya maskernya di dagu. Kena ga tuh semua yang karokean wkwkwk," balas akun @alfyism.

Menanggapi viralnya video tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Mike Kartalina Suwardi langsung meminta keterangan Kepala Puskesmas Situ Udik, Kecamatan Cibungbulang.

"Hari ini, bu Mike selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor langsung meminta keterangan Kepala Puskesmas Situ Udik. Dia bertanya kenapa di jam kerja, mereka malah menutup pelayanan keseharan masyarakat," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor Adang Mulyana kepada wartawan, Jumat (9/7/2021).

Walaupun sudah ditegur jajaran Puskesmas Situ Udik, Adang mengatakan, kemungkinan petugas tenaga kesehatan sedang jenuh hingga butuh hiburan seperti berkaraoke. "Saya lihat ini manusiawi, mereka para petugas tenaga kesehatan sedang jenuh dan lelah karena capek 'berperang' melawan wabah Covid-19, walaupun begitu kami tetap menegurnya agar tidak diulangi lagi," paparnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4063 seconds (0.1#10.140)