Rumah Sakit Terancam Jebol, Bima Arya: Bogor Butuh Minimal 4 Pusat Isolasi Pasien OTG

Rabu, 23 Juni 2021 - 12:53 WIB
loading...
Rumah Sakit Terancam Jebol, Bima Arya: Bogor Butuh Minimal 4 Pusat Isolasi Pasien OTG
Wali Kota Bogor Bima Arya dalam rapat koordinasi yang digelar secara daring, Rabu (23/6/2021). Foto: SINDOnews/Haryudi
A A A
BOGOR - Sejumlah pusat isolasi yang sempat dinonaktifkan di Kota Bogor kembali diaktifkan, menyusul terus melonjaknya kasus Covid-19.

"Saya baru dapat kabar, pusat Isolasi Lido, Kabupaten Bogor, Insyallah akan kembali diaktivasi. Tapi ini tidak cukup," ungkap Wali Kota Bogor Bima Arya dalam rapat koordinasi yang digelar secara daring, Rabu (23/6/2021).

Bima Arya menyatakan harus ada beberapa pusat isolasi lagi, minimal dua tempat, untuk menampung pasien Covid-19 yang semakin hari jumlahnya terus meningkat.



"Sehingga kita memiliki empat pusat isolasi. Nah, kalau pusat isolasi ini sudah banyak, nantinya orang tanpa gejala akan dibawa ke pusat isolasi, sehingga rumah sakit difokuskan saja untuk yang kuning (gejala sedang) dan merah (gejala berat)," ungkapnya.

Saat ini, semua pasien tanpa dipilah kondisinya dimasukkan ke rumah sakit. Cara ini bisa membuat rumah sakit kebobolan. Bagi pasien yang tanpa gejala mastinya bisa diarahkan di pusat isolasi, atau yang bergejala ringan melakukan isolasi mandiri di kediaman masing-masing.

Meski demikian, lanjut Bima, ada beberapa konsekuensi yang patut dipertimbangkan. Sebab, banyak warga yang terpapar dan terkapar di kediamannya tidak bisa mengakses rumah sakit karena penuh.


"Tetapi kemudian juga tidak mendapatkan perhatian dari lingkungan, baik dari RT/RW maupun fasilitas kesehatannya. Karena itu, selain penambahan tempat isolasi dan tempat tidur, saya ingin memastikan wilayah siap untuk memberikan penguatan protokol kesehatan," kata Bima.

Penting juga dilakukan penguatan surveilans dan tim pantau, agar warga yang berada di rumahnya masing-masing menjalani isolasi mandiri tetap diperhatikan.

"Para camat, para lurah, tolong harus memiliki data yang akurat terkait rumah mana, keluarga mana, RT mana yang saat ini sedang dalam proses isolasi mandiri," ungkap Bima.

Tak hanya itu, Bima Arya juga meminta Puskesmas terdekat untuk memastikan suplai obat-obatan dan vitamin yang diperlukan apa saja.

"Kalau memang rumah itu semuanya seluruh anggota keluarga terpapar Covid-19, perlu dibantu juga logistiknya," jelasnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1873 seconds (0.1#10.140)