Begini Potret Petugas Jemput Limbah Medis Pasien Covid-19 di Graha Wisata Ragunan

Jum'at, 18 Juni 2021 - 09:42 WIB
loading...
Begini Potret Petugas Jemput Limbah Medis Pasien Covid-19 di Graha Wisata Ragunan
Petugas tengah mengambil sampah medis dari tempat isolasi mandiri di Graha Wisata Ragunan, Jakarta Selatan. Foto: @dinaslhdki
A A A
JAKARTA - Graha Wisata Ragunan , Jakarta Selatan, dijadikan tempat isolasi mandiri (isoman) pasien Covid-19 dengan kategori orang tanpa gejala (OTG) . Namun, tidak boleh dilupakan peran petugas dalam menjemput limbah medis pasien di tempat-tempat isolasi.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta menyebut bahwa limbah medis merupakan hasil buangan dari suatu aktivitas medis. Selain itu, harus sesegera mungkin diolah setelah dihasilkan.

"Limbah medis termasuk Bahan Berbahaya dan Beracun (B3)," tulis akun Instagram @dinaslhdki, Jumat (18/6/2021).

Begini Potret Petugas Jemput Limbah Medis Pasien Covid-19 di Graha Wisata Ragunan


Kemudian, untuk tempat penyimpanan limbah medis harus disertai dengan penutup. Selain itu, dipisahkan dengan limbah non medis.

"Tempat penyimpanan limbah medis harus dengan penutup, menjaga areal penyimpanan agar tidak tercampur dengan limbah non medis, membatasi lokasi dan pemilihan tempat yang tepat," terangnya.

Dinas LH DKI secara berkala melakukan penanganan serta penjemputan limbah medis di tempat-tempat yang menjadi rujukan pasien Covid-19 yang ada di Ibu Kota.

"Setiap melakukan penjemputan limbah medis, para petugas harus menggunakan pakaian khusus, seperti yang terlihat pada pengambilan limbah medis dari tempat isolasi OTG di Graha Wisata Ragunan, Jakarta Selatan," tandasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1336 seconds (0.1#10.140)