Perempuan Janggala bersama PMI dan Ditlantas Polda Metro Gelar Donor Darah

Rabu, 16 Juni 2021 - 22:20 WIB
loading...
Perempuan Janggala bersama PMI dan Ditlantas Polda Metro Gelar Donor Darah
Perempuan Jenggala bersama Palang Merah Indonesia (PMI) dan Ditlantas Polda Metro Jaya menggelar kegiatan donor dalam memperingati Hari Donor Darah Sedunia. Foto: SINDOnews/Ist
A A A
JAKARTA - Organisasi kemanusiaan Perempuan Jenggala bekerja sama Palang Merah Indonesia (PMI) dan Ditlantas Polda Metro Jaya menggelar kegiatan donor dalam memperingati Hari Donor Darah Sedunia. Kegiatan digelar untuk meningkat kembali semangat donor masyarakat yang telah menurun sejak awal Covid-19.

Ketua Umum Perempuan Jenggala, Vicky W Kartiwa mengatakan, kegiatan donor darah yang digelar Selasa (15/6/2021) kemarin dilakukan sebagai bentuk kampanye agar masyarakat kembali terketuk hatinya menyumbangkan darah. Sebab, selama pandemi Covid-19, stok darah PMI mengalami penurunan secara drastis.



"Stok darah di PMI berkurang drastis maka kami galang donor darah. Kami berharap kegiatan ini, bisa meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah untuk menyelematkan nyawa orang lain," kata Vicky dalam keterangan tertulis, Rabu (16/6/2021).

Kegiatan donor darah oleh Perempuan Jenggala telah dilaksanakan beberapa kali sejak pandemi Covid 19 namun saat ini momentum tepat pada peringatan Hari Donor Darah Sedunia 14 Juni. Vicky berharap kegiatan ini tidak hanya perorangan namun juga dapat dapat ditiru komunitas, instansi, organisasi lain.

Ketua Bidang Unit Donor Darah PMI Pusat, dr Linda Lukitasari Waseso menyambut baik langkah Perempuan Jenggala. Dia menilai penggalangan darah disaat pandemi saat ini selain menambah stok darah PMI untuk rumah sakit yang membutuhkan juga dapat kembali membangkitkan semangat berbagi darah pada masyarakat.



Dia menegaskan bahwa donor darah disaat pandemi tidak dapat menularkan virus Covid-19. Dia menjelaskan tidak pernah ada penelitian yang menunjukkan bahwa penyebaran Covid terjadi akibat darah.

"Salah satu faktor menurunnya pendonor saat pandemi adalah banyak orang yang takut. Padahal dalam jurnal penelitian tidak ada fakta penularan Covid-19 untuk melalui darah. Makanya PMI kembalikan mengajak masyarakat untuk tidak takut donor darah disaat pandemi," jelasnya.

Dalam acara penggalangan donor darah tersebut, dari total 122 orang yang mendonorkan darah sebanyak 100 orang merupakan personel Ditlantas Polda Metro Jaya. Donor darah tersebut dipimpin langsung oleh Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Joyo.

Sambodo menyebut akan selalu terbuka dan mendukung siapa pun yang hendak mengajak Ditlantas melakukan kegiatan kemanusiaan. Sebagai salah satu satuan terbanyak, dia berjanji ikut andil dalam kegiatan tersebut.

"Selama itu kegiatan sosial dan merupakan kepentingan orang banyak. Ditlantas akan selalu terbuka dengan organisasi atau instansi apapun. Menjelang Hari Bhayangkara kami kembali bekerjasama gelar donor darah," pungkas Sambodo.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2158 seconds (0.1#10.140)