Tak Sedikit Orang dengan Gangguan Jiwa di Tangerang Mengamuk saat Divaksin

Rabu, 09 Juni 2021 - 16:13 WIB
loading...
Tak Sedikit Orang dengan Gangguan Jiwa di Tangerang Mengamuk saat Divaksin
Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
TANGERANG - Program vaksinasi Covid-19 di Kota Tangerang mulai menyasar Orang dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Vaksinasi digelar dengan cara jemput bola, door to door melalui 36 puskesmas.

Kepala Puskesmas Gembor dr Andi Hidayat menuturkan tidak sedikit ODGJ yang mengamuk saat akan disuntik vaksin dan didatangi banyak orang. "Ya, tidak dapat dipungkiri bahwa vaksinasi ini membutuhkan keahlian khusus. Karena tak sedikit mereka yang ngamuk saat didatangi orang banyak dan proses vaksin pun membutuhkan waktu lebih banyak," ujarnya, Rabu (9/6/2021).
Baca juga: Tinjau Vaksinasi di Tangerang, Jokowi: Target 1 Juta Suntikan Per Hari Harus Dikejar

Di wilayahnya ada sekitar 40 ODGJ yang jadi sasaran vaksin. "Kami akan datangi satu persatu ODGJ dan disabilitas dengan melakukan pendekatan ke keluarga dan peserta vaksin," katanya.

Kosim Jubaidilah, orang tua peserta vaksinasi ODGJ mengaku sangat terbantu dengan vaksinasi door to door yang dilaksanakan Pemkot Tangerang. "Ya, saya merasa sangat terbantu dan lebih merasa terjaga dari penyakit. Terutama Covid-19 yang masih mengancam," ujarnya.
Baca juga: Menkes: Semua Guru Harus Selesai Divaksin Sebelum Sekolah Tatap Muka

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang dr Liza Puspadewi mengatakan, vaksinasi ODGJ dan disabilitas mulai dilakukan pada Sabtu 5 Juni 2021. Adapun jumlah sasaran ODGJ mencapai 800 orang dan ditargetkan rampung minggu depan.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1060 seconds (0.1#10.140)