Usai Mudik Lebaran, Puluhan Santri Pondok Pesantren di Kota Bogor Positif Covid-19

Sabtu, 05 Juni 2021 - 17:35 WIB
loading...
Usai Mudik Lebaran, Puluhan Santri Pondok Pesantren di Kota Bogor Positif Covid-19
Sebanyak 32 santri pondok pesantren di Kelurahan Harjasari, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, positif Covid-19 hasil swab antigen. Foto: MNC Portal/Putra Ramadhani Astyawan
A A A
BOGOR - Sebanyak 32 santri pondok pesantren di Kelurahan Harjasari, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, positif Covid-19 hasil tes swab antigen. Diduga mereka terpapar usai pulang dari kampung halaman.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, kasus tersebut berawal dari swan antigen massal yang dilakukan Dinas Kesehatan Kota Bogor melalui Puskesmas pada 4 Juni 2021. Tes massal itu dilakukan karena pondok pesantren tersebut sedang mempersiapkan untuk pembelajaran tatap muka.



"Saya dapat laporan kemarin, bahwa ada satu ponpes di Bogor Selatan yang akan menyelenggarakan tatap muka. Karena santrinya banyak, jumlahnya 398 dan pengurus 55, maka diputuskan untuk swab antigen di sana. Kemudian dari wab itu tanggal 4 juni itu ada 32 santri yang hasilnya positif," kata Bima, kepada wartawan di Balai Kota Bogor, Sabtu (5/6/2021).



Dari puluhan santri yang positif, sebanyak 24 orang diantaranya sudah diisolasi di Pusdiklat BPKP Ciawi. Sedangkan 8 orang lainnya menjalani karantina mandiri di rumah.



"Ada dugaan bahwa mereka terpapar itu saat pulang kampung. Karena mereka ada yang dari luar Pulau Jawa. Dari Pulau Jawa juga ada," ungkap Bima.

Satgas Covid-19 Kota Bogor tengah melakukan upaya mencegah penularan semakin meluas dengan meniadakan seluruh aktivitas di dalam pesantren. Termasuk, akan menggelar swab PCR terhadap seluruh santri dan pengurus.

"Walaupun sekarang mereka negatif antigennya, tetap prokes, tidak epas masker, tidur jaga jarak dan dibatasi aktivitas. Tidak ada aktivitas," tutupnya.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2899 seconds (0.1#10.140)