Ini Pertimbangan Hakim Soal Habib Rizieq Divonis Pidana Denda Rp20 Juta

Kamis, 27 Mei 2021 - 16:23 WIB
loading...
Ini Pertimbangan Hakim Soal Habib Rizieq Divonis Pidana Denda Rp20 Juta
Habib Rizieq Shihab. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Terdakwa Habib Rizieq Shihab divonis pidana denda Rp20 juta oleh hakim dalam kasus pelanggaran protokol kesehatan di Megamendung, Kabupaten Bogor. Dalam memutus perkara itu, hakim mempertimbangkan beberapa hal yang memberatkan dan meringankan.

Dalam pertimbangan hakim yang memberatkan Rizieq dinilai tidak mendukung program pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19.
Baca juga: Hakim Jatuhkan Vonis Denda Rp20 Juta, Habib Rizieq dan Jaksa Kompak Pikir-pikir

Untuk yang meringankan, Rizieq dianggap kooperatif dengan menepati janjinya meminta para pendukungnya tidak datang ke persidangan. Selain itu, hakim juga menganggap Rizieq sebagai tokoh agama yang dapat menjadi tauladan bagi masyarakat.

Dengan berbagai pertimbangan tersebut, hakim menyatakan Rizieq secara sah telah melanggar tindak pidana pelanggaran Undang-Undang Kekarantinaan Kesehatan. Sebab, Rizieq tidak menerapkan protokol kesehatan.

"Mengadili, menyatakan terdakwa Muhammad Rizieq bin Sayyid Husein Shihab alias Habib Rizieq Shihab telah terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana tidak mematuhi penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan, dua menjatuhkan pidana terhadap pidana tersebut dengan pidana denda sejumlah Rp20 juta dan ketentuan bila denda tidak dibayar maka diganti pidana kurungan selama lima bulan," ujar Hakim Suparman Nyompa di PN Jakarta Timur, Kamis (27/5/2021).
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1825 seconds (0.1#10.140)