Kasir Minimarket Jadi Korban Penipuan Modus Tukar Uang Receh di Tangerang

Rabu, 26 Mei 2021 - 22:40 WIB
loading...
Kasir Minimarket Jadi Korban Penipuan Modus Tukar Uang Receh di Tangerang
Seorang kasir minimarket menjadi korban penipuan modus tukar uang receh di Jalan Utama Ciledug Indah, Kota Tangerang.Foto/Tangkapan Layar/IG @info_ciledug
A A A
TANGERANG - Seorang kasir minimarket menjadi korban penipuan modus tukar uang receh di Jalan Utama Ciledug Indah, Kota Tangerang. Jumlah uang yang ditukarkan tidak sesuai, sehingga kasir tersebut harus mengganti kekurangannya.

Dalam aksinya, pelaku yang berjumlah dua orang, membawa uang receh logam untuk ditukarkan. Tetapi nilai uang tersebut tidak sama setelah dihitung. Alhasil, pegawai menombok kekurangan.

Dalam rekaman CCTV, tampak pelaku memakai topi dan masker yang diturunkan hingga ke mulut. Memakai sweater gelap, menukarkan uang receh. Dalam unggahan @info_ciledug, tampak pria tersebut langsung diterima kasir.

Tidak menghitung lagi, kasir minimarket tersebut langsung menukarkan uang receh sesuai nominal tertera Rp680.000.

"Karena mau berberes shift, ya sudah, saya kasihkan saja. Ada kertas, di situ tertuliskan nama, nomor HP, dan nominal uang. Tetapi pas dihitung kurang," kata kasir itu menyesal, Rabu (26/5/2021).

Ternyata, uang logam tersebut hanya senilai Rp500.000. Sedang tukaran yang telah diberikan kasir, sesuai dengan nominal yang ditulis, yakni Rp680.000. Alhasil, si kasir pun dibuat menombok.

Tidak telitinya kasir menerima tukaran uang, kerap dimanfaatkan oleh pelaku penipuan modus tukar uang ini. Apalagi, modus ini bukan hal baru, tetapi sering.

Warga pun diimbau agar lebih hati-hati dan waspada. Tidak hanya tukar uang, modus lama yang kini tengah ramai kembali adalah beli pulsa. Modus ini, memanfaatkan kelengahan korbannya.

Sementara itu, terkait mulai maraknya aksi kriminal ini, aparat kepolisian sekitar belum berhasil dimintai keterangan dan belum menjawab saat dikonfirmasi.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1433 seconds (0.1#10.140)