30 Sampel Positif Covid-19 Warga Griya Melati Bogor Dites Whole Genome Sequencing

Selasa, 25 Mei 2021 - 20:49 WIB
loading...
30 Sampel Positif Covid-19 Warga Griya Melati Bogor Dites Whole Genome Sequencing
Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor, Sri Nowo Retno.Foto/MPI/Putra Ramadhani Astyawan
A A A
BOGOR - Sebanyak 30 sampel positif covid-19 dari warga Perumahan Griya Melati, Kota Bogor diambil untuk dilakukan whole genome sequencing (WGS). Ini dilakukan guna mengetahui ada tidaknya virus varian baru dalam kasus covid-19 di perumahan tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor , Sri Nowo Retno mengatakan, WGS adalah teknik komprehensif yang digunakan dalam proses pengurutan sekuens DNA untuk mendeteksi ada tidaknya varian baru covid-19.

"Kami mengambil 30 sampel dari pasien positif Griya Melati yang CT (Cycle threshold) di bawah 30 untuk diperiksa di Litbangkes Kemenkes," kata Retno dalam keterangannya, Selasa (25/5/2021).

Cycle Threshold (CT), lanjut Retno, merupakan nilai dari hasil tes PCR yang semakin tinggi angkanya semakin kecil kemungkinan penularan virus. Di mana, jika angka CT yang mendekati angka 30 biasanya jumlah virus sudah minim atau sudah tidak infeksius.

"Jadi dari puluhan orang, hanya 30 orang yang memenuhi syarat untuk diambil sampel," ujarnya.

Retno menambahkan, hasil genome sequencing itu diperkirakan akan keluar sekitar 1-2 pekan ke depan. Prosesnya memang lebih lama dibanding tes PCR. "Mungkin 2 minggu, bisa juga lebih. Kami belum bisa menentukan. Nanti dilaporkan," pungkas Retno.

Seperti diketahui, kasus penularan covid-19 di Perumahan Griya Melati, Kota Bogor terus mengalami penambahan. Sampai saat ini, tercatat sudah ada 60 warga di perumahan tersebut yang terpapar covid-19.

Masifnya penularan membuat Satgas Covid-19 melakukan karantina wilayah atau pengetatan di perumaha tersebut. Warga yang positif terutama memiliki gejala telah dievakuasi ke pusat isolasi di Pusat BPKP Ciawi, Kabupaten Bogor.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1757 seconds (0.1#10.140)