Anies Pamer Jembatan Layang Stasiun MRT ASEAN, Warganet: Transformasi DKI Menuju Kota Berkelas Dunia

Selasa, 25 Mei 2021 - 11:07 WIB
loading...
Anies Pamer Jembatan Layang Stasiun MRT ASEAN, Warganet: Transformasi DKI Menuju Kota Berkelas Dunia
Jembatan Layang Stasiun ASEAN dari @mrtjkt. Foto: @aniesbaswedan
A A A
JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Bswedan mengunggah Jembatan Layang di Stasiun ASEAN MRT Jakarta dalam akun instagram-nya @aniesbaswedan, Selasa (25/5/2021). Jembatan layang ini nantinya akan menghubungkan antara Stasiun ASEAN dan Halte Transjakarta CSW yang melayani bus koridor 13.

Dalam keterangan tulisan yang diunggah, jembatan layang di Stasiun ASEAN telah dibuka untuk publik sejak Jumat 7 Mei 2021. Pengguna jasa dari arah Jalan Kiai Maja atau Jalan Hang Tuah VII dapat naik ke stasiun melalui akses lift, eskalator dan tangga yang disediakan. Begitu juga pengguna jasa yang turun di Stasiun ASEAN dan hendak melanjutkan perjalanan menuju Jalan Kiai Maja atau Hang Tuah VII.

"Di dalam stasiun, ujung jembatan tersebut tersambung dengan area beranda peron sehingga masyarakat dapat langsung masuk ke area berbayar melalui gerbang pengetapan (tapping gate). Di bawah jembatan ini juga disediakan rak sepeda," seperti dikutip, Selasa (25/5/2021).

Jembatan layang yang dibangun sejak Oktober 2019 ini merupakan bagian dari rencana induk (grand design) simpang Cakra Selaras Wahana (CSW). Letaknya di area trotoar Jalan Kiai Maja di depan Gedung PLN Area Bulungan. Jembatan layang ini nantinya akan menghubungkan antara Stasiun ASEAN dan Halte Transjakarta CSW yang melayani bus koridor 13.

"Jembatan layang ini dilengkapi dengan eskalator, tangga, dan elevator/lift. Desainnya pun sudah di koordinasikan dengan pihak terkait pembangun desain besar Simpang CSW sehingga memudahkan saat interkoneksi dilakukan," lanjut keterangan tersebut.

Jembatan layang ini memiliki panjang sekitar 144 meter dan lebar 4,5 meter. Dilengkapi railing pada koridor dan atap dengan konsep mengoptimalkan aliran udara secara alami.

Jembatan layang ini juga akan dilengkapi dengan akses tangga, elevator (lift), dan eskalator. Tinggi dari permukaan jalan sekitar tujuh meter. Terlihat akan ada dua akses langsung penghubung dengan lingkar CSW.

Lebih dari 15 ribu warganet menyukai informasi yang dibagikan Anies soal Jembatan Layang itu. Beragam komentar pun memenuhi kolam komentar akun instagram orang nomor satu di DKI Jakarta.

Akun @sukmo.mashars sangat kagum dengan foto-foto jembatan layang yang diunggah Anies dan menyebut bahwa ini merupakan trasnformasi Jakarta menuju kelas dunia.

"Transfornasi DKI menuju kota berkelas dunia," ujarnya.

"Keyen sama dengan di negri ginseng niiiih," sambung akun @saefulohipunk.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2240 seconds (0.1#10.140)