Varian Baru Covid-19, Bupati Khawatir Menular Melalui Kereta Commuter Line Jakarta-Bogor

Sabtu, 22 Mei 2021 - 14:02 WIB
loading...
Varian Baru Covid-19, Bupati Khawatir Menular Melalui Kereta Commuter Line Jakarta-Bogor
Bupati Bogor Ade Yasin. Foto/Dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan, varian baru Covid-19 belum terdeteksi di wilayah Kabupaten Bogor . Dia mengatakan, untuk wilayah desa-desa memang relatif aman karena jauh dari Jakarta. Hal ini mengingat varian baru telah ditemukan di DKI Jakarta.

“Kami ini rata-rata kan desa yang memang jangkauannya jauh dari Jakarta. Ini kalau di desa kami agak tenang ya terkait dengan varian baru. Kalau ada yang dari Jakarta atau dari luar pasti terlihat oleh petugas desa,” katanya dalam acara Polemik Trijaya dengan topik Varian Baru Covid-19, Sabtu (22/5/2021).

Namun begitu, Ade mengaku khawatir penularan virus Covid-19 varian baru terjadi melalui sarana publik seperti kereta api. Hal ini mengingat bahwa sebagian besar warga Bogor menggunakan moda transportasi kereta Comuter Line tujuan Jakarta.

“Tapi yang kami khawatirkan varian baru menular melalui sarana publik seperti kereta. Nah ini kan berapa puluh persen penduduk kab bogor, dari Bojong Gede saja sudah terlihat penuh kereta itu mereka ke jakarta. Kan varian baru ada Jakarta dan Bali. Yang terdekat dari Jakarta itu Bogor,” tuturnya.

Dia pun meminta kesadaran dari para pengguna kereta api untuk taat dan disiplin menjalankan protokol kesehatan. Salah satunya jangan sampai mencopot masker karena salah satu cara ampuh menangkis penularan. Selain itu dia juga mengimbau pengguna kereta melakukan vaksinasi.

“Jadi kita juga imbau untuk melakukan vaksinasi. Tanya ke masing-masing puskesmas. Karena biasanya ada ketersediaan vaksin. Kita berikan secara gratis karena masih bsia dibiayai APBN. Jadi untuk melakukan vaksiansi secara sadar. Jadi kalau memaang kebutuhanmendesak seperti penumpang kereta api kita bisa pakai vaksin yang tidak mau dipergunakan lansia,” pungkasnya.
(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1681 seconds (0.1#10.140)