Hendak Kembali ke Jakarta via Jalur Arteri Pantura, 10 Pemudik Positif Covid-19

Kamis, 20 Mei 2021 - 13:28 WIB
loading...
Hendak Kembali ke Jakarta via Jalur Arteri Pantura, 10 Pemudik Positif Covid-19
Polrestro Bekasi menyatakan sebanyak 10 pemudik yang hendak kembali ke Jakarta melalui jalur arteri Bekasi-Karawang reaktif Covid-19.Foto/SINDOnews/Ilustrasi.dok
A A A
BEKASI - Polrestro Bekasi menyatakan sebanyak 10 pemudik yang hendak kembali ke Jakarta melalui jalur arteri Bekasi-Karawang reaktif Covid-19. Ini berdasarkan pemeriksaan swab test antigen yang dilakukan kepolisian.

"Ada 10 pemudik yang reaktif di jalur arteri langsung dibawa untuk menjalani isolasi terpusat," ungkap Kasat Lantas Polres Metro Bekasi, AKBP Ojo Ruslani, Kamis (20/5). Menurut dia, pemudik roda yang kedapatan reaktif Covid-19 langsung dibawa ke lokasi karantina yang telah disiapkan Satgas Covid-19 Kabupaten Bekasi maupun di Wisma Atlet Jakarta.

Bagi pemudik di luar Jakarta , lanjut Ojo, diisolasi di RSD Wisma Atlet. Dan untuk orang Bekasi sudah ada beberapa tempat isolasi yang sudah disiapkan oleh pemerintah.

Meski demikian, pemerintah dan kepolisian masih melakukan penyekatan dan memeriksa kesehatan pemudik roda dua yang melintasi jalur arteri. Hanya saja, kata dia, volume arus balik di jalur arteri mulai menurun.

Ojo mengatakan, kondisi pemudik yang melalui jalur Pantura, khususnya roda dua mulai mengalami penurunan."Karena puncak arus balik mudik sudah lewat. Karena memang sudah banyak masuk bekerja di perusahaan," jelasnya. Baca: 13.621 Pemudik Diswab Antigen di 12 Titik Posko Pemantauan Arus Balik, 45 Positif Covid-19

Selain di jalur lalu lintas, pemeriksaan swab antigen pun dilakukan di seluruh kecamatan di Kabupaten Bekasi. Bahkan, petugas terus mendata warga di wilayahnya yang mudik dan meminta pemudik yang sudah kembali untuk melakukan swab antigen agar kesehatannya bisa diketahui.

Kapolsek Cikarang Utara, Kompol Mustakin mengatakan, selama ini pihaknya bersama kecamatan maupun desa sudah melakukan swab antigen gratis. Untuk pemeriksaan tes swab antigen bisa dilakukan di kantor kelurahan, puskesmas, dan ada juga yang di Kampung Tangguh Jaya (KTJ).

"Yang sudah dilakukan tes swab antigen sebanyak 246 orang. Dan satu orang diantaranya reaktif Covid-19, sekarang sudah dilakukan isolasi mandiri. Pemeriksaan ini akan terus kita lakukan sampai sepuluh hari kedepan agar penyebaran wabah corona bisa ditekan dan masyarakat tetap ketat menjaga protokol kesehatan," katanya.

Untuk diketahui, Sebanyak 17 pemudik dinyatakan reaktif usai menjalani swab antigen covid-19 di dua titik pemeriksaan arus balik di Kabupaten Bekasi. Belasan orang lantas menjalani isolasi di sejumlah tempat, mulai dari Wisma Atlet Jakarta hingga dua hotel yang disediakan Satgas Covid-19 Kabupaten Bekasi.

Jumlah pemudik yang reaktif itu merupakan akumulasi dari pemeriksaan yang digelar secara acak sejak Minggu (16/5) lalu. Belasan pemudik itu terjadi dari dua titik yakni di kilometer 34B Tol Jakarta Cikampek sebanyak tujuh pemudik reaktif dan sepuluh pemudik reaktif covid-19 saat diperiksa di jalur arteri.
(hab)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1607 seconds (0.1#10.140)