Lemkapi Apresiasi Dedikasi Jajaran Polri Cegah Masyarakat Mudik demi Menekan Covid-19

Senin, 10 Mei 2021 - 18:59 WIB
loading...
Lemkapi Apresiasi Dedikasi Jajaran Polri Cegah Masyarakat Mudik demi Menekan Covid-19
Petugas bekerja keras siang dan malam melakukan penyekatan di pintu-pintu keluar masuk Jakarta dan terus mengingatkan masyarakat agar tidak mudik. Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) memberikan apresiasi kepada seluruh jajaran Polri atas dedikasi dan loyalitasnya yang terus mengingatkan masyarakat agar tidak mudik demi menekan penyebaran Covid 19 menjelang Lebaran. Sejauh ini, polri telah berhasil memutar balik pemudik lebih dari 80 ribu kendaraan.

"Kita melihat seluruh jajaran Polri dan TNI serta instansi terkait sudah bekerja keras siang dan malam melakukan penyekatan pada pintu-pintu keluar masuk Jakarta dan terus mengingatkan masyarakat agar tidak mudik demi mencegah penyebaran Covid 19," ungkap Direktur Eksekutif Lemkapi Dr Edi Hasibuan di Jakarta, Senin (10/5/2021).



Mantan anggota Kompolnas ini mengatakan, berdasarkan pengamatan pihaknya seluruh jajaran Polri di Pulau Jawa dan seluruh Polda di daerah, mulai dari Korlantas, Polda Metro Jaya, Polda Jabar, Polda Banten, Polda Jateng, dan Polda Jatim, terus bekerja keras untuk mencegah dan mengingatkan masyarakat untuk tidak mudik.

Menurut Edi, tidak mudah bagi Polri mencegah masyarakat agar tidak mudik. Tapi, karena ini adalah aksi kemanusiaan dan demi keselamatan masyarakat, tindakan tegas harus dilakukan Polri demi keselamatan masyarakat.

"Solus populi suprema lex esto (keselamatan rakyat adalah hukum tertinggi)," ungkap pakar hukum kepolisian Universitas Bhayangkara Jakarta ini.



Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Istiono, menyebutkan, jumlah kendaraan yang berhasil diputar balik secara nasional oleh seluruh jajaran Korlantas Polri sudah lebih 80.000 kendaraan.

"Angka penindakan yang sangat tinggi dalam penegakan aturan di jalan raya. Kita apresiasi kinerja seluruh jajaran Polri atas dedikasi dan loyalitasnya dalam melindungi keselamatan masyarakat," kata doktor ilmu hukum ini.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imron sebelumnya mengungkapkan, data pada Minggu kemarin sedikitnya 6.500 kendaraan dipaksa polisi putar balik ke Jakarta. Sementara Sedangkan menurut Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho, pihaknya sudah memutar balik lebih dari 1.000 kendaraan pemudik yang melintas di wilayah Banten. Kapolda menegaskan seluruh jalur tikus menuju merak diperketat dalam mendukung program Kapolri agar masyarakat terhindari dari Covid-19.



Kapolri dan Panglima TNI sendiri hampir setiap saat turun ke lapangan, termasuk mendatangi pelabuhan penyeberangan Merak, Banten, pada Minggu kemarin. Kapolri mengingatkan anggota terus siaga untuk mencegah arus mudik demi mencegah Covid 19.

Edi Hasibuan memprediksi hingga Lebaran nanti jumlah kendaraan pemudik bakal terus naik. Untuk itu dibutuhkan komitmen yang tinggi dari seluruh jajaran Polri, TNI, dan Instansi terkait, demi keselamatan masyarakat serta kesadaran seluruh masyarakat.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1764 seconds (0.1#10.140)