5 Cara Tampil Keren dalam Rapat Virtual

Kamis, 06 Mei 2021 - 15:01 WIB
loading...
5 Cara Tampil Keren dalam Rapat Virtual
Rapat virtual. Foto: Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Kemajuan teknologi dibutuhkan sebagai solusi untuk mengatasi masalah gangguan teknis selama melakukan kegiatan di masa pandemi. Salah satunya adalah pentingnya device yang digunakan sebagai penunjang beberapa kegiatan jarak jauh. Hal ini terjadi lantaran rapat kini pun bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun kita berada tanpa harus berada di satu lokasi tertentu melalui platform rapat virtual .

"Tapi masih banyak yang tidak sadar kalau ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan ketika melakukan rapat virtual. Salah satunya perihal teknis yang bisa mempengaruhi jalannya rapat,” kata Regional Product Marketing Manager APAC Jabra, Ling Lu.
Baca juga: Buatan Lokal, Aplikasi IseeAR Bikin Rapat Virtual Makin Hidup

Dia mengatakan, rapat virtual tetaplah kegiatan formal sebagai pekerja setiap individu yang menghadirinya. Karena itu, perlu bagi masyarakat untuk bisa memberikan impresi profesionalisme yang baik untuk memberi kesan baik bagi rekan dan mitra kerja. “Kami punya lima tips sukses yang kami namai COLAB,” ujar Lu.

Menurut dia, COLAB adalah singkatan dari Camera, Ourselves, Lighting, Audio, dan Background. Pertama, C untuk Camera. Adanya pilihan untuk mematikan kamera dalam rapat virtual memang cukup disenangi oleh banyak orang. Namun, ternyata jika kita menyalakan kamera sepanjang rapat berlangsung, hal ini akan memberikan impresi positif bagi peserta rapat yang lain.

Kedua, O untuk Ourselves (Tampilan diri). Dalam kondisi profesional, tampilan diri sangatlah penting. Karena itu, kita perlu menjaga penampilan dengan baik.

Ketiga, L untuk Lighting (Pencahayaan). Refleksi kamera sangat tergantung pada cahaya. Semakin bagus pencahayaan akan mendongkrak penampilan kita ketika menghadiri rapat.

Keempat, A untuk Audio (Suara). Suara juga tidak kalah penting dalam setiap rapat. Menghindari adanya gangguan suara yang tidak diinginkan serta menghasilkan suara yang optimal ketika kita berbicara dalam rapat sangat esensial untuk dipenuhi.

Kelima, B untuk Background (Gambar Latar). Gambar latar yang ditampilkan mencerminkan siapa dan karakteristik kita. Tidak perlu terlalu rumit untuk menyiapkannya.
Baca juga: Anggota DPR Kanada Telanjang saat Rapat Virtual, Rekan-rekannya Tercengang

Berbagai tips di atas dapat dioptimalkan dengan ketersediaan perangkat kerja yang juga mumpuni. Melalui produk dan teknologi Jabra, Lu ingin para pengguna bisa meningkatkan perangkat komunikasi mereka agar dapat merasakan pengalaman kerja yang nyaman, konsentrasi optimal, dan kolaborasi lancar. Hal ini rasanya akan terus dibutuhkan, terlepas bagaimana masa depan lingkungan kerja atau kantor semua nantinya. "Terakhir yang tidak kalah penting jangan lupa untuk selalu tersenyum karena Anda sedang live di kamera," ucapnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2168 seconds (0.1#10.140)