Antisipasi Kerumunan, Posko Tiga Pilar Didirikan di Pasar Tanah Abang

Senin, 03 Mei 2021 - 09:08 WIB
loading...
Antisipasi Kerumunan, Posko Tiga Pilar Didirikan di Pasar Tanah Abang
Posko tiga pilar didirikan di Pasar Grosir Tanah Abang, Jakarta Pusat. Foto: SINDOnews/Komaruddin Bagja Arjawinangun
A A A
JAKARTA - Polsek Metro Tanah Abang mengerahkan ratusan petugas gabungan untuk mengantisipasi adanya kerumunan jelang Hari Raya Idul Fitri di kawasan Pasar Grosir Tanah Abang , Jakarta Pusat.

Kapolsek Metro Tanah Abang AKBP Singgih Hermawan menjelaskan, beberapa titik rawan kerumunan itu terjadi di Pasar Blok A, B, F, G dan Skybridge Tanah Abang beserta Stasiunnya.

"Petugas gabungan Tiga Pilar yang terdiri dari TNI, Polisi dan Satpol PP jumlahnya 670an orang," ujar Singgih saat dihubungi SINDOnews, Senin (3/5/2021).

Dia menambahkan, personel gabungan itu juga disebar di setiap pintu masuk untuk mengawasi protokol kesehatan.

"A,B,F,G itu lima tapi satu ploting di pasar Grosir di atas. Personel ada di setiap pintu masuk ada 17 pintu masuk itu akan ada pengamanan dari tiga pilar. Untuk mengecek prokes suhu dan penggunaan masker dengan benar karena kita lihat kadang dia pakai masker cuma tidak benar makainya," tambahnya.

Selain ratusan personel, pihaknya juga membuat tiga posko untuk memudahkan koordinasi pengawasan antisipasi kerumunan.

"Kami koordinasi dengan pihak pasar terkait jumlah pengunjung yang sudah masuk.
Ada tiga posko, 17 pintu diisi tiga pilar plus tiga posko. Posko yang depan pasar blok B, pasar blok A dan di hall pasar blok B. Pasar blok B inilah yang viral kemarin karena dia adanya hall jadi orang ketemu di situ. Makanya ada posko tiga pilar di situ dan ada sound systemnya juga untuk memberikan imbauan maupun membatasi orang berkerumun," jelasnya.

Petugas masing-masing posko akan melakukan patroli jalan kaki dan memberikan imbauan kepada warga untuk tetap waspada dan menjaga jarak.

"Petugas di dalam tugasnya patroli jalan kaki. Kalau agak ramai atau ada Kerumunan bisa ditegur agar tidak berkerumun. Sehingga sentra ekonomi kita bisa berjalan," tuturnya.

Adapun PD Pasar Jaya bertugas memonitor jumlah pengunjung yang datang ke dalam area pasar. Apabila melebihi kapasitas, Tim Tiga Pilar langsung mendorong mundur pengunjung agar tidak terjadi kerumunan.

"Nanti itu dari pasar yang tahu batasan kapasitas pengunjung. Tugas kami membantu PD Pasar Jaya termasuk memberikan imbauan prokes kalau memang ramai kita dorong ke luar sehingga tidak terjadi penumpukan. ImbauanPedagang dan pengunjung tetap patuhi prokes 3M," tutupnya.

(mhd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1110 seconds (0.1#10.140)