Imigrasi Bandara Soetta Pulangkan 32 WN India ke Negara Asal

Minggu, 25 April 2021 - 07:43 WIB
loading...
Imigrasi Bandara Soetta Pulangkan 32 WN India ke Negara Asal
Puluhan warga India berada di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang. Sebanyak 32 warga India dipulangkan kembali ke negara asalnya pada Minggu (25/4/2021). Foto: MPI/Isty Maulidya
A A A
TANGERANG - Sebanyak 32 warga negara India dipulangkan kembali ke negara asalnya pada Minggu (25/4/2021). Pemulangan puluhan warga India merupakan respons atas lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi di India.

Sebelumnya, mereka mendarat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta pada 23 April 2021 menggunakan maskapai Emirates Airlines dari Dubai. Kedatangan mereka kemudian ditolak oleh pihak Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta.
Baca juga: Tiga Hari Berturut-turut, India Catat Rekor Infeksi COVID-19

Kepala Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian (TIKIM) Imigrasi Bandara Soekarno Hatta, Sam Fernando mengatakan, tindakan ini sejalan dengan kebijakan yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Imigrasi pada 23 April 2021. Selama menunggu proses pemulangan, 32 warga India berada di tempat khusus Terminal 3 kedatangan internasional Soekarno-Hatta dengan pengawasan oleh pihak terkait melibatkan maskapai, aviation security, serta Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP).

Adapun isi dari kebijakan tersebut mengatur tentang penolakan masuk orang asing yang memiliki riwayat perjalanan dari wilayah India dalam kurun waktu 14 (empat belas) hari sebelum masuk wilayah Indonesia serta penangguhan pemberian visa kunjungan dan visa tinggal terbatas bagi warga India.
Baca juga: 72 Personel Polri/TNI Jaga Lokasi Karantina WN India

“Kebijakan pembatasan masuknya pelaku perjalanan ke wilayah Indonesia bersifat sementara dan akan dievaluasi lebih lanjut menunggu perkembangan situasi dengan tetap berkoordinasi bersama Satgas Covid-19, Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Kesehatan,” ujar Sam, Minggu (25/4/2021).
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1247 seconds (0.1#10.140)