Petamburan Banyak Langgar Protokol Kesehatan, Satpol PP DKI Kumpulkan Denda Rp1,4 Juta

Kamis, 22 April 2021 - 14:16 WIB
loading...
Petamburan Banyak Langgar Protokol Kesehatan, Satpol PP DKI Kumpulkan Denda Rp1,4 Juta
Kepala Satpol PP Provinsi DKI Jakarta Arifin menyatakan pihaknya telah melakukan penindakan saat kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat pada 14 November 2020, dalam sidang pemeriksaan saksi di Pengadilan Negeri Jakarta Timur, Kamis (22/4/2021). Foto/SINDO
A A A
JAKARTA - Kepala Satpol PP Provinsi DKI Jakarta Arifin menyatakan pihaknya telah melakukan penindakan saat kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat pada 14 November 2020. Hal ini disampaikan Arifin dalam sidang pemeriksaan saksi di Pengadilan Negeri Jakarta Timur , Kamis (22/4/2021).

"Pada malam hari itu ada beberapa yang kami tindak, sebanyak 36 orang. Di mana tindakannya adalah 19 orang ditindak dalam bentuk sanksi kerja sosial membersihkan fasilitas umum," kata Arifin. (Baca juga; Jadi Saksi Sidang Habib Rizieq, Wagub DKI Mengaku Belum Terima Undangan )

Arifin mengatakan, saat itu sebanyak 17 warga lainnya yang merupakan peserta kegiatan di Jalan KS Tubun memilih denda sosial sebagaimana ditentukan Pemprov DKI Jakarta, maksimal membayar Rp250.000. Menurut dia, sebanyak 200 personel Satpol PP DKI Jakarta dikerahkan, sebagian melakukan sosialisasi protokol kesehatan kepada warga, sisanya penindakan.

"Kemudian sebanyak 17 orang menjalankan sanksi denda administratif sehingga malam itu 36 orang (pelanggar protokol kesehatan) terkumpul. Sanksi dendanya ada Rp1.450.000," ujarnya. (Baca juga; Saksi Dokter RSCM Ungkap Ada Hasil Tes PCR Positif COVID-19 Atas Nama Muhammad R )

Setelah acara di Petamburan selesai, pada 15 November 2020 kemudian jajaran Sat Pol PP DKI melakukan rapat membahas pelanggaran protokol kesehatan yang terjadi di Jalan KS Tubun, Kecamatan Tanah Abang. Dalam rapat itu, Satpol PP DKI Jakarta menyatakan Habib Rizieq bersalah dan harus membayar denda Rp50 juta sesuai ketentuan Pemprov DKI Jakarta, denda tersebut lalu dibayar Rizieq.

"Kegiatan tanggal 14 itu terjadi pelanggaran protokol dan kami kenakan sanksi denda administratif. Kami datang langsung ke tempat (Habib Rizieq), kami datang dengan perwakilan. Menyampaikan surat pemberitahuan yang saya tanda tangani bahwa dikenakan denda Rp50 juta," tuturnya.
(wib)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3454 seconds (0.1#10.140)