Terminal Kalideres Uji Coba Tes GeNose, Revi: Agak Sulit Lantaran Pantangannya Banyak

Selasa, 20 April 2021 - 05:31 WIB
loading...
Terminal Kalideres Uji Coba Tes GeNose, Revi: Agak Sulit Lantaran Pantangannya Banyak
Foto: Ilustrasi/SINDOnews/Dok
A A A
JAKARTA - Terminal Kalideres , Jakarta Barat, sudah melakukan uji coba tes GeNose secara acak kepada penumpang bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) pada Senin (19/4/2021) . Uji coba baru dilakukan kepada 10 penumpang yang hendak pergi ke luar Jakarta.

"Enggak banyak (uji coba) karena alatnya juga sedikit," kata Kepala Terminal Kalideres, Revi Zulkarnaen saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (20/4/2021).



Revi mengatakan, dari hasil test 10 penumpang itu semuanya negatif Covid-19. Revi menyebut test GeNose ini agak sulit lantaran tidak boleh terkena udara sedikitpun demi hasil yang valid. Selain itu, para penumpang yang hendak tes pun tidak boleh memakai parfum, terkena asap rokok atau knalpot.

"Genose ini kan agak sulit sedikit kan karena dipengaruhi oleh suhu, kemudian cuaca, angin," ujar dia.



Diketahui, Kementerian Perhubungan telah memberikan bantuan alat test GeNose kepada Terminal Kalideres untuk lakukan test Covid-19 kepada para penumpang yang hendak bepergian. Tes GeNose merupakan karya anak bangsa dari Universitas Gadjah Mada (UGM) dan biayanya pun lebih murah dibanding dengan test swab antigen.
(thm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2122 seconds (0.1#10.140)