Mulai 4 Juli, Bus Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soetta Gratis selama 1 Bulan

Kamis, 29 Juni 2023 - 03:50 WIB
loading...
Mulai 4 Juli, Bus Transjakarta Rute Kalideres-Bandara Soetta Gratis selama 1 Bulan
Anak berkebutuhan khusus melukis pada badan bus Transjakarta di Kantor Pusat Transjakarta, Cawang, Jakarta, Kamis (1/12/2022). Foto/Antara
A A A
JAKARTA - Bus Transjakarta (TJ) jurusan Terminal Kalideres menuju Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) akan digratiskan selama 1 bulan sejak 4 Juli 2023. Sebanyak lima bus akan disiapkan untuk menemani para penumpang menuju rute tersebut.

"Lima bus TJ baru yang disiapkan itu bus low entry (dek rendah) dan akan gratis selama sebulan. Kemudian itu ada juga jam-jam operasinya nanti," ujar Kepala Terminal Kalideres Revi Zulkarnaen saat dihubungi wartawan, Rabu (28/6/2023).

Revi melanjutkan, rute baru Transjakarta ini akan beroperasi mulai pukul 06.00-09.00 WIB dan pukul 16.00-21.00 WIB. Adapun kapasitas bus tipe low entry atau dek rendah ini memiliki kapasitas 60-80 penumpang.





"Jadi gini, itu kan nanti (bus) datangnya tidak bersamaan. Jadi, supaya tidak ada kekosongan di armada, di terminal, perlu diatur jadwal antara yang pertama, yang kedua, dan ketiga. Jadi headway antara armada pertama, kedua, dan ketiga itu diatur selama 20 menit," jelasnya.

Dengan demikian, lanjut dia, tidak terjadi penumpukan keberangkatan maupun kedatangan di bandara. Sehingga, bagi masyarakat yang terlambat tetap mendapatkan pelayanan dari Transjakarta.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo mengungkapkan, setelah masa uji coba selesai tarif layanan Transjakarta menuju Bandara Soetta masih akan dikaji lebih dalam. Dia mengatakan, armada bus tersebut bakal berangkat dari Terminal Kalideres, Jakarta Barat dan berhenti di Kantor Angkasa Pura II dan Terminal Kargo.

"Karena kan begini, jika menggunakan tarif subsidi, kita akan minta masuk ke kawasan bandara sehingga ini sedang kami hitung secara cermat," kata Syafrin, Kamis (22/6/2023).
(rca)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1167 seconds (0.1#10.140)