Kuasa Hukum Habib Rizieq: Kasus Swab Test RS UMMI Perkara Politis yang Dipaksakan

loading...
Kuasa Hukum Habib Rizieq: Kasus Swab Test RS UMMI Perkara Politis yang Dipaksakan
Tim kuasa hukum Habib Rizieq Shihab menilai kasus perkara tes swab RS Ummi, Kota Bogor, merupakan persoalan politis yang dijadikan bahan untuk menjerat Habib Rizieq Shihab.Foto/Istimewa
JAKARTA - Tim kuasa hukum Habib Rizieq Shihab menilai kasus perkara tes swab RS Ummi , Kota Bogor, merupakan persoalan politis yang dijadikan bahan untuk menjerat Habib Rizieq Shihab ke ranah pidana.

Kuasa hukum Rizieq, Sugito Atmo Prawiro mengatakan, Habib Rizieq Shihab yang bertindak sebagai pasien di RS Ummi Bogor malah dilaporkan sehingga menyeretnya ke meja hijau merupakan bukti bahwa penegakkan hukum di Indonesia belum memihak pada keadilan.
"Kami menduga ini perkara politis yang dipaksakan hingga Habib Rizieq sebagai pasien terpaksa harus dilaporkan dan ini bentuk kriminalisasi terhadap pasien, rumah sakit dan dokter. Menurut saya ini tidak baik dan tidak positif untuk penegakan hukum," kata Sugito di Pengadilan Negeri Jakarta Timur saat sidang di skors, Rabu (14/4/2021).

Penilaian ini lanjut Sugito, didasari oleh adanya keterangan saksi Wali Kota Bogor, Bima Arya yang hadir dalam ruang persidangan. Kata Sugito, Bima Arya melalui jajaran Satpol PP dalam kasus ini hanya melaporkan RS Ummi Bogor.

Tapi kenyataannya malah Habib Rizieq dan menantunya Habib Hanif Alatas malah terseret dalam persidangan. Baca: Bima Arya: Keberadaan Habib Rizieq di RS Ummi Ganggu Kondusivitas Kota Bogor

"Dari yang disampaikan pihak Bima Arya bahwa dia melalui Satpol PP melaporkannya adalah RS Ummi, bukan Habib Rizieq atau Habib Hanif. Tapi nanti lihat perkembangan karena itu masih akan dilanjutkan," ujarnya.



Selanjutnya, Sugito merasa ada kesengajaan dari Bima Arya yang menyatakan keberadaan Habib Rizieq Shihab di RS Ummi kepada wartawan. Kesengajaan itu, sambung dia, dijadikan alat untuk menimbulkan kegaduhan terkait dugaan pelanggaran protokol kesehatan.

"Juga dipertanyakan masalah sebenarnya beliau (Bima Arya) tahu dari mana? Karena yang kami perlihatkan dalam persidangan, yang pertama kali menyampaikan ke publik adalah Bima Arya. Jadi keramaian itu muncul bukan dari Habib Rizieq," tuturnya.

Dikatakan Sugito, Habib Rizieq Shihab datang ke RS Ummi dengan kesadaran pribadi untuk tujuan perawatan. Selain itu, RS Ummi merupakan rumah sakit rujukan Satgas Covid-19 di Kota Bogor.
"Habib Rizieq datang ke RS Ummi dengan kesadaran sendiri untuk perawatan. Dan RS Ummi merupakan salah satu rujukan Satgas Covid. Jadi bukan berkeliaran di luar, jadi hal yang baik kenapa dipermasalahkan," katanya.
(hab)
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top