Heran, Kok Bisa Ratusan Tong Sampah di Jalan Ciater Tangsel Dicuri

Kamis, 08 April 2021 - 22:12 WIB
loading...
Heran, Kok Bisa Ratusan Tong Sampah di Jalan Ciater Tangsel Dicuri
Ratusan tempat sampah yang dipasang di pinggir jalan, mulai dari bundaran Maruga hingga BSD City, Tangsel hilang dicuri. Foto: SINDOnews/Hasan Kurniawan
A A A
TANGERANG SELATAN - Heran, kok bisa cuma tong sampah dimaling orang. Ini buktinya. Ratusan tempat sampah yang dipasang di pinggir jalan, mulai dari bundaran Maruga hingga BSD City hilang dicuri. Padahal, tong sampah yang terbuat dari bahan fiber itu tidak laku dijual ke penjualan barang bekas.

Riski, warga sekitar mengatakan, tempat sampah berwarna kuning dan hijau yang terpasang di sepanjang jalan itu sudah lama hilang. Dia mengaku tidak tahu siapa yang mengambil tempat sampah milik Pemkot Tangsel itu.
Baca juga: Modus Tanya Harga, 2 Maling Curi Ponsel Milik Bocah Kecil di Pasar Koja

"Sejak dua minggu lalu sudah tidak ada. Buang sampah jadi susah. Ini saya buang botol minum kemasan di bawah tempat sampah yang hilang saja," ujarnya, Kamis (8/4/2021).

Tong sampah tersebut dipasang berjejer dekat bangku taman. Diharapkan warga yang berhenti di pinggir jalan maupun yang menunggu kendaraan umum bisa duduk-duduk santai di bangku tersebut.

Tetapi, banyak penempatan tempat duduk dan tempat sampah yang dinilai sembarangan. Tempatnya yang panas dan tidak strategis membuat warga jarang memanfaatkan fasilitas yang menghabiskan uang kas daerah itu.
Baca juga: Aksi Maling Gasak 2 Sepeda Motor di Bekasi Terekam CCTV

Kasi Kemitraan dan Pemberdayaan Masyarakat Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tangsel Ahmad Rivai mengatakan, pemasangan bangku taman dan tempat sampah di Jalan Ciater untuk kebersihan dan kenyamanan warga.

"Mengikuti negara maju di Eropa. Itu kan awalnya pakai plastik, memang plastik yang dipakai yang tidak mudah larut oleh alam, tapi banyak yang protes. Makanya kita ganti dengan fiber," ungkapnya.

Menurut dia, bahan fiber sengaja dipilih karena tidak memiliki nilai ekonomis sehingga diharapkan tahan lama dan tidak hilang. Namun, prediksinya meleset. Tong sampah yang ada malah hilang dicuri orang tak bertanggungjawab.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1592 seconds (0.1#10.140)