Pasca Insiden Bom Makassar, Polda Metro Jaya Perketat Pemantauan Tempat Ibadah

Minggu, 28 Maret 2021 - 17:56 WIB
loading...
Pasca Insiden Bom Makassar, Polda Metro Jaya Perketat Pemantauan Tempat Ibadah
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus. Foto: Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Polda Metro Jaya memperketat pemantauan seluruh tempat ibadah di kawasan Jabodetabek melalui kamera pengawas (CCTV). Upaya tersebut setelah ledakan bom bunuh diri di Gereja Katedral, Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (28/3/2021) pagi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, seluruh tempat ibadah maupun tempat lainnya akan dipantau oleh polisi bersama instansi terkait pascainsiden bom. Bukan hanya gereja yang akan diperketat pemantauannya, namun juga tempat ibadah lainnya.
Baca juga: Kecam Aksi Bom Bunuh Diri di Makassar, Perindo: Harus Ditumpas, Persatuan Indonesia Dirobek-Robek!

"Ini nggak cuma gereja, tapi semua tempat termasuk pengamanan mako kita akan tingkatkan," ujarnya, Minggu (28/3/2021).

Pihaknya juga fokus terhadap CCTV di tempat ibadah. Pihaknya ingin memastikan jika CCTV di seluruh tempat ibadah dan tempat lainnya berfungsi dengan baik.

"Kemudian kita juga melakukan pengecekan fungsi CCTV di beberapa gereja agar memastikan CCTV berfungsi dengan baik juga untuk membantu kegiatan monitoringnya," katanya.
Baca juga: Jokowi: Negara Tanggung Biaya Pengobatan Korban Bom Gereja Katedral Makassar

Polri juga mengandalkan pihak pengamanan di tempat ibadah. Akan ada pula patroli skala besar yang akan berlangsung. "Berdayakan pam internal gereja atau tempat ibadah melalui giat memberikan motivasi dan arahan untuk meningkatkan kewaspadaan," ujar Yusri.

Polda Metro bakal menempatkan alutista maupun personel di tempat ibadah dan tempat lainnya. "Kita akan melaksanakan mekanisme screening entry terhadap orang yang akan masuk gereja atau tempat ibadah lain," ucapnya.
(jon)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1416 seconds (0.1#10.140)